Hadiri Peresmian Gedung Pengadilan di Talaud Kamaru Ucapkan Terima Kasih Kepada Ketua MA

0
381

TOMINI.NEWS-Bersama Mahkamah Agung (MA) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, menghadiri acara peresmian serta pengoperasian 85 unit gedung pengadilan baru tiga lingkungan peradilan seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara simbolis di Melonguane Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Senin (22/10/18).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua MA Republik Indonesia (RI) Prof Dr Muhamad Hata Ali dan Wakil Ketua MA Dr H Sunarto SH MH dan dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey serta bupati/wali kota se-Sulut.

Bupati saat dikonfirmasi via pesan sosial What’s Up, mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Ketua MA RI beserta jajaran atas diresmikannya 85 pengadilan di seluruh Indonesia termasuk didalamnya Pengadilan Agama (PA) di Bolsel.

“Alhamdulillah, pada saat ini Bolsel sudah mempunyai Pengadilan Agama, tentu lewat kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih banyak kepada yang Mulia Mahkamah Agung RI,” ucap Kamaru.

Kamaru pada kesempatan tersebut dengan adanya PA di tanah Totabuan dan Bolango bagian selatan akan memudahkan masyarakat dalam kebutuhan administrasi.

“Ia, harapannya dengan adanya pengadilan akan membantu masyarakat khususnya untuk urusan perkawinan, mewariskan, perwakafan, hibah, infaq, shadaqah, dan ekonomi syariah,” jelasnya.

Kamaru, pada kesempatan tersebut tampil dengan gaya elegan menggunakan seragam keki berwarna coklat ditemani topi dan pangkat tiga mawar dan duduk berdampingan dengan Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena.

Selain yang disebutkan di atas acara tersebut dihadiri oleh Ketua Kajati Sulut, Unsur Forkopimda termasuk TNI dan Polri, Kepala Bagian Humas Setdakab Bolsel Ahmadi Modeong beserta jajaran, dan pegawai di Talaud.

Kemudian 85 pengadilan baru tersebut terbagi tiga badan pertama peradilan sebanyak 30 unit Pengadilan Negeri, kedua 50 unit Pengadilan Agama, tiga Mahkamah Syariah, dan dua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). (Jas)