PNS Diwarning Tugas Luar Bukan Perjalanan Liburan

0
325

TOMINI.NEWS-Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang keseringan tugas luar (TL) tanpa hasil, saat tengah menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dalam hal ini Bupati Iskandar Kamaru.

Seperti yang diutarakan oleh juru bicara (Jubir) bupati Ahmadi Modeong, bahwa dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan rapat khusus keasistenan.

“Ia, hal ini diseriusi untuk menangkal pandangan masyarakat terhadap PNS yang ‘diduga’ mengumpulkan pundi-pundi rupiah lewat tugas luar,” jelas Ahmadi.

Kata Ahmadi, hal tersebut telah menuai sorotan pedas dari masyarakat. Apalagi bagi para PNS yang suka foto selfie di media sosial facebook kemudian ketika kembali ke daerah tidak ada hasilnya.

“Pemkab mewarning TL bukan cara untuk memperkaya diri,” tegasnya.

Kata Ahmadi selaku Kepala Bagian Humas Setdakab Bolsel, semua yang berbau TL pengawasannya akan diperketat.

Apalagi yang berangkat berpasangan baik itu suami dan istri seakan-akan tugas luar adalah kesempatan ‘emas’ untuk berlibur menghindari tugas utama di masing-masing OPD.

“Jika itu hanya seremonial dan tidak mendesak maka tidak diwajibkan untuk berangkat,” tegasnya.

Ditegaskan lagi, bagi pejabat khususnya pimpinan OPD eselon II, III, dan sebagainya, Surat Perintah Tugas (SPT) harus melalui Bupati atau Sekretaris Daerah (Sekda).

“Ingat TL itu bukan perjalanan liburan, tapi perjalanan kerja. Ketika sifat kegiatan belum urgen maka tidak boleh,” sentilnya.

Para ‘pelaku’ perjalanan dinas saat ini dituntut untuk mampu mempertanggung jawabkan hasil perjalanan tersebut, menjelaskan hasil koordinasi dan konsultasi kemudian ditindaklanjuti.

“Kalau TL-nya untuk hal yang sama tanpa ada perkembangan maka dia adalah penguras anggaran APBD,” jelasnya.

Bagi mereka yang akan melakukan perjalanan dinas harus jelas tujuannya kemana manfaatnya apa dan saat kembali harus ada hasil sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pimpinan daerah.

“Apalagi yang berangkat itu pasutri harus tahu malu ini bukan perjalanan wisata ini perjalanan kerja,” sentilnya.

Untuk itu pengawasan akan dilakukan dari sekarang disetiap OPD sehingga tidak akan memunculkan image buruk melainkan pandangan baik dimata masyarakat tentang PNS Bolsel. (Jas)