Hari ini Warga Bolsel Bisa Nikmati Jaringan WiFi Gratis

0
614

TOMINI.NEWS-Setelah berhasil mendirikan tower di kawasan wisata kuliner Paving Blok di Desa Tolondadu Kecamatan Bolaang Uki, hari ini Kamis (22/11/18), Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melakukan tes seberapa jauh jangkauan jaringan WiFi.

Seperti yang dituturkan oleh Kepala Dinas Kominfo Aldy Setiawan Gobel melalui Kepala Bidang (Kabid) e-government dan statistik Ruslan Aghit Saleh di tepi pantai Tolondadu saat sedang mencoba jangkauan jaringan.

“Kita masih coba jangkauan jaringan dan dari hasil uji coba bisa menjangkau sampai satu kilo meter,” jelasnya.

Kata dia, saat ini tim teknis akan mencoba kekuatan jaringan dengan jumlah pengguna sebanyak 100 orang.

“Paswordnya akan kami sampaikan ke publik via website Kominfo Bolsel,” jelasnya.

Seperti yang diketahui program WiFi gratis untuk masyarakat di Bolsel adalah yang pertama kali di Bolaang Mongondow Raya (BMR) bahkan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Saya sudah mencoba untuk unlimeted user dan ternyata jaringannya lumayan kuat,” jelasnya.

Kata dia, sebelumnya pihaknya kesulitan mengoperasikan tower tersebut karena terkendala dengan jaringan listrik yang belum disambung oleh Perusahan Listrik Negara (PLN) sebagai penyedia layanan.

“Dan kita sudah berupaya maksimal, Alhamdulillah dapat dukungan dari masyarakat sekitar yang memberikan sambungan listrik dari rumah untuk menyuplai tenaga ke UPS,”jelasnya.

Menurut dia, apa yang dilakukan bertujuan untuk menarik wisatawan lokal datang ke lokasi wisata pantai Paving Blok.

“Sambil menikmati kuliner juga bisa menikmati WiFi gratis,” jelasnya.

Diharapkan apa yang diberikan oleh pemerintah benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya untuk menambah ilmu pengetahuan melalui dunia maya.

“Kami percepat supaya masyarakat bisa menikmati layanan internet yang cepat dan gratis,” jelasnya bahwa ini adalah persembahan Bupati Iskandar Kamaru untuk masyarakatnya.

Sementara itu Ali, satu diantara pengunjung di pantai tersebut mengaku tidak sabar untuk mencoba jaringan gratis WiFi gratis.

“Sangat senang karena selama ini jaringan internet dari seluler mengalami gangguan. Kadang logonya 4g tapi kekuatan jaringan seperti 2g,” ujarnya.

Menurut dia kehadiran jaringan tersebut nanti akan menarik wisatawan menuju ke lokasi tersebut.

“Nanti akan menjadi tempat nongkrong yang nyaman untuk menikmati kopi dan saraba,” tandasnya. (El)