BPOM Sulut Periksa Jajanan Buka Puasa di Desa Pintadia

0
5

TOMINI.NEWS-Untuk memastikan kebersihan dan kehigienisannya maka Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melakukan pemeriksaan jajanan berbuka puasa di Desa Pintadia, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Selasa (14/5/2019).

Menurut Selvitarena Kepala Seksi Inspeksi BPOM Manado, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan makanan yang dijual bebas dari zat-zat berbahaya.

“Kami hanya mengecek, jangan sampai ada kandungan bahan berbahaya dalam takjil yang dijual,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut petugas BPOM ini mengambil sampel dari setiap jajanan yang berjejer rapih diatas meja di bekas pelelangan ikan lama.

Untuk memastikan makanan mereka layak jual maka para pedagang memberikan sampel makanan untuk selanjutnya diperiksa memastikan tidak ada kandungan boraks, zat pewarna, dan pengawet.

“Saya berharap, tidak ada masalah jajanan berbuka puasa yang dijual para pedagang di Desa Pintadia, termasuk di seluruh Bolsel. Nanti kita lihat hasil tes dari BPOM Manado yang langsung dilakukan di tempat pemeriksaan sampel,” kata Selvitarena.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolsel, dr. Sadli Mokodongan mengatakan pihaknya melakukan pendampingan kepada BPOM bersama dinas terkait pada kegiatan pengawasan makanan, khususnya makanan untuk berbuka puasa (Takjil).

“Hal ini dilakukan dalam rangka pencegahan bahan-bahan berbahaya yang di gunakan dalam makanan,” tukasnya. (***)

Editor : Felix Tendeken