Kepala Kantor BPJS Bolsel Menjawab Pertanyaan Masyarakat Terkait Pelayanan Faskes Tingkat Pertama

0
1

TOMINI.NEWS-Kepala Kantor (Kakan) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kes) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Andry Budiarjo, angkat bicara menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat melalui media sosial Facebook.

Foto : Kakan BPJS Bolsel menjawab pertanyaan masyarakat

Adapun pertanyaan yang dilontarkan adalah bagaimana Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat satu tutup diluar jam kerja? Apakah harus ke rumah sakit saat Puskesmas tutup? Di kartu tertulis Faskes tingkat satu apakah itu Puskesmas Molibagu? Apakah jika ke rumah sakit kartu ini bisa digunakan? Sudah dua kali gagal pakai kartu ini karena diluar jam pelayanan Faskes tingkat satu.

Dalam penjelasannya Kamis (16/5/2019) Andry sapaan akrabnya mengatakan, terkait pelayanan Faskes tingkat pertama dalam hal ini Puskesmas mengacu pada ketentuan jam pelayanan Puskesmas itu sendiri khususnya yang rawat jalan.

Dijelaskan lagi untuk Puskesmas rawat inap pelayanannya adalah 1×24 jam. Apabila peserta memerlukan pelayanan kesehatan yang tidak bisa ditunda atau dalam kondisi kegawatdaruratan sesuai diagnosa dokter kemudian Faskes tingkat pertama sudah tutup bisa langsung ke Instansi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit terdekat.

“Apabila bisa ditunda dan tidak dalam kondisi gawat darurat bisa datang ke Puskesmas keesokan harinya,” jelas Kakan BPJS Bolsel.

Dijelaskan lagi untuk pertanyaan kedua Faskes tingkat satu adalah Puskesmas Molibagu. Kemudian yang ketiga adalah kondisi yang tidak bisa ditunda atau gawat darurat dan Faskes tingkat I tutup pelayanan bisa langsung ke IGD RS terdekat.

Jika pengguna layanan sudah mengetahui jam pelayanan Puskesmas tersebut dan ingin mendapatkan pelayanan dan penanganan bisa datang sesuai jam pelayanan.

Apabila peserta JKN -KIS memerlukan informasi lebih lanjut terkait pelayanan dipersilahkan untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan Molibagu.

“Karena kami hadir di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta, entah itu keluhan ataupun untuk menanyakan hal-hal terkait BPJS Kesehatan. Sehingga tidak terjadi simpang siur informasi yang akan diterima oleh peserta terima kasih,” tandasnya. (Jas)

Editor : Felix Tendeken