Bupati dan Wabup Bolsel Menyerahkan Zakat Saat Menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an

0
15

TOMINI.NEWS-Bertempat di Masjid Agung An Nur Molibagu, Selasa (21/5/2019), Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru S.Pt dan Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an tingkat kabupaten.

Acara ini dirangkaikan dengan buka puasa bersama, pemberian santunan kepada kaum duafa, dilanjutkan dengan shalat Isya Tarawih dan Witir.

Pada kesempatan tersebut Hikmah Nuzulul Qur’an disampaikan oleh Ustadz Dani Pontoh S.HI M.HI, yang dalam tulisannya berpesan agar umat Islam memaknai Nuzulul Qur’an ini dengan mengimplementasikan nilai Qurani dalam kehidupan setiap hari.

“Kenapa Al-Qur’an disucikan, karena Al-Qur’an adalah petunjuk bagi umat dan tidak ada keraguan di dalamnya. Al-Qur’an mengakomodir,” jelasnya.

Tambahnya, Islam yang terbaik adalah Islam yang progresif yang membawa nilai keumatan.

Selain itu menurut dia, Al-Qur’an adalah rahmat dan obat dalam kehidupan umat.

Sementara itu Bupati dalam sambutannya mengatakan, bahwa surat yang pertama turun dalam Al-Qur’an adalah Al-Alaq yakni Iqra Bismi Rabika atau bacalah dengan nama Tuhanmu.

“Ini mengisyaratkan bahwa umat Islam harus berpegang teguh pada Al-Qur’an Sebagai Pedoman, begitu juga kita sebagai Aparatur Pemerintah untuk terus berpegang teguh pada aturan yang ada baik juknis maupun aturan tertulis,” jelasnya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa semangat kebersamaan dan persatuan di Bolsel selalu terpelihara ini dibuktikan dengan kehadiran umat Kristiani dan Hindu dalam Perayaan Nuzulul Quran.

“Kita di Bolsel juga punya dana umat yakni zakat yg dipotong dari ASN baik Muslim dan non Muslim yang dananya kita gunakan untuk pembangunan dan pemeliharaan rumah ibadah, kesejahteraan Imam dan Pegawai Syari’ yang tadi saya dan Pak Wabub serahkan secara Simbolis,” ucap Bupati.

Diakhir kalimatnya, Bupati mengajak agar daerah kita selalu diberikan rahmat oleh Allah dan dijaukan dari segala susibah dan marah bahaya. (Jas)

Editor : Felix Tendeken