Bersama Jajarannya Bupati Bolsel Ikut Coaching Clinic di Kantor Kemenpan-RB

0
44

TOMINI.NEWS-Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru S.Pt bersama jajarannya yaitu 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hari ini Selasa (9/7/2019), mengikuti Coaching Clinic tentang Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kegiatan ini dilaksankan di Kantor Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Ibu Kota Jakarta.

Bupati didampingi oleh Asisten III, Kadis Kominfo, Kadis PMD, Kadis Pertanian, Kaban BKPSDM, Kadis Kesehatan, Kadisdukcapil, Kabag Organisasi, dan Sekretaris BPKPD, diterima oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB Ronald Andrea Annas Ak serta Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan Pengawasan Najamuddin Mointang ST.

Bupati dan Asisten Deputi Kemenpan-RB pada kesempatan tersebut menyampaikan, Coaching Clinic merupakan wujud kepedulian pimpinan tertinggi Bolsel untuk daerahnya agar lebih hebat dan mantap.

“Maka perlunya penegasan kepada kepala OPD untuk sama-sama memperbaiki akuntabilitas di pemerintahan khususnya di Bolsel,” jelas Bupati melalui Kepala Bagian Humas Setdakab Kasman Jauhari.

Selain itu kata dia, perlunya groud fokus dalam hal perumusan program sehingga tidak menggelembung yang menelan banyak anggaran tapi output dan outcomenya tidak tercapai secara maksimal karena tidak terfokus.

Bupati ditempat yang sama menegaskan kepada Kepala OPD agar terus bekerja keras untuk mencapai target SAKIP dengan nilai BB dengan melaksankan empat poin.

Pertama perlunya perbaikan RPJMD sehingga sasaran dan tujuan bisa menjawab visi dan misi Bupati lima tahun, kedua pengawasan internal diperketat sehingga OPD merasa terkawal, ketiga keterlibatan OPD yang berkontribusi dalam penyusunan LAKIP.

“Keempat Coaching Clinic oleh Kepala-Kepala OPD dengan materi penyampaian sinkronisasi program, kegiatan, sasaran, tujuan, dan indikator,” kuncinya. (lix)

Editor : Felix Tendeken