Fashion Festival Tonjolkan Keistimewaan Kaeng Manado

0
72

TOMINI.NEWS-Wali Kota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH, MSi DEA didampingi Ketua TP PKK Kota Manado, Prof. Julyeta PA Lumentut Runtuwene, dan Wakil Ketua TP PKK Kota Manado Imelda Bastiaan- Markus, menghadiri pembukaan Manado Fashion Festival MF 2019, Kamis (1/8/2019) sore di Manado Town Square (Mantos), Jalan Boulevard Manado.

Walikota yang membuka kegiatan mengatakan bahwa Fashion Festival dalam rangkaian Manado Fiesta 2019 menonjolkan Kaeng Manado sebagai Kain khas sebagai karya Kota Manado.

“Kitaakan mengangkat ‘Kaeng Manado’ sebagai produk unggulan dari Kota Manado, supaya lebih dikenal dan bisa bersaing dan sejajar dengan produk kain dari daerah lainnya,” kata Wali Kota Vicky Lumentut.

Wali Kota Vicky Lumentut pun membeberkan arti dari pola yang ada di ‘Kaeng Manado’. Dan gambar pola yang ada di ‘kaeng Manado’ pun punya arti tersendiri.

Dijelaskannya, seperti misalnya, gambar terumbu karang, adalah mengartikan Taman Laut Bunaken, gambar rumah ibadah, mengartikan bahwa di Kota Manado ada bergam agama dan menjadi simbol toleransi, gambar kepala ikan, mengartikan bahwa di Kota Manado ada ikan purba Coelacanth yang masih hidup di kedalaman 200 Meter di Laut Bunaken, serta gambar lilin yang mengartikan bahwa Kota Manado merupakan ruang kehidupan bagi semua orang yang tinggal di Kota Manado.

Diakhir sambutannya, Wali Kota Vicky Lumentut berharap agar penyelenggaraan iven Manado Fiesta 2019 ini bisa memberikan kontribusi ekonomi dan berdampak pada naiknya transaksi ekonomi bagi usaha-usaha yang ada di Kota Manado.

“Saya berharap, Manado Fiesta 2019 ini mempunyai dampak yang baik bagi peningkatan transaksi ekonomi bagi usaha-usaha yang ada di Kota Manado,” tutup Wali Kota Vicky Lumentut.

Manado Fashion Festival MF 2019, diselenggarakan pada 1-2 Agustus 2019 bertempat di Manado Town Square (Mantos) dengan mempertandingkan 3 kategori yakni Kategori Umum (umur 15-22 tahun), Kategori Anak ( umur 6-12 tahun) dan Kategori ASN. (***)

Editor : Felix Tendeken