Mulai September 2019 Penyaluran Rastra di Bolsel Beralih Menjadi BPNT

0
51

TOMINI.NEWS-Terhitung mulai bulan September tahun 2019, penyaluran beras pra sejahtera (Rastra) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan beralih menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Selasa (14/8/2019).

Foto : ilustrasi beras Bulog

Seperti yang diutarakan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Hartati JS Mohune, bahwa pengalihan tersebut sesuai instruksi pemerintah pusat untuk mewujudkan penyaluran bantuan yang tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kwalitas , tepat harga dan tepat administrasi atau disingkat 6T.

“Penyaluran bantuan non tunai akan memberi kemudahan kepada KPM,” jelas Hartati.

Sementara dari data yang dimiliki oleh Dinsos, tercatat jumlah penerima BPNT di Bolsel sebanyak 4.960 KPM.

Kata dia, KPM nantinya akan difasilitasi dengan katu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) hasil kerjasama pemerintah dengan Bank BNI.

“Kartu penerima saat ini sedang dicetak pihak bank. Tapi sudah 2.944 KPM yang memiliki kartu. Mereka merupakan penerima PKH dan kartu itu bisa digunakan untuk penerimaan BPNT,” ujarnya.

Dijelaskan setiap penerima akan mendapatkan uang sebesar Rp 110.000 yang akan ditransfer langsung oleh pemerintah pusat ke rekening masing-masing KPM.

“Tapi, penerima tidak bisa mengambil bantuan dalam bentuk uang. Harus dibelanjakan beras atau telur di e-warung yang ada di setiap desa,” jelas Hartati.

Terkait dengan pemberlakuan pengalihan tersebut, pihaknya (Dinsos) akan mengikuti rapat koordinasi (Rakor) bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) dan perbankan di Kementrian Sosial (Kemensos).

“Jadi semua persiapan dan teknis penyaluran akan kita bahas dalam Rakor tersebut,” kuncinya. (lix)

Editor : Felix Tendeken