Pimpin Rapat Evaluasi, Rikson Minta Optimalkan Sumber PAD

0
26

TOMINI.NEWS-Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru S.Pt, yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Rikson Paputungan SPd MPd, memimpin rapat evaluasi capaian sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2019.

Rapat evaluasi tersebut berlangsung di aula Kantor Camat Bolaang Uki pada Selasa (13/8/2019) dan diikuti oleh seluruh jajaran terkait.

Asisten III saat membacakan sambutan sambutan Bupati menyampaikan, salah satu indikator kemandirian suatu daerah sebagai sumber pembiayaan pembangunan.

“Harus diakui bahwa sumber pendapatan dan pembiayaan di daerah masih sangat bergantung pada dana transfer pemerintah pusat dan provinsi melalui pos dana perimbangan,” jelasnya.

“Sehingga selaku pemerintah daerah, akan terus berupaya untuk mengoptimalkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) sesuai yang telah menjadi kewenangan pemerintah daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam Uu No. 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah,” tambahnya.

Kata dia, rapat evaluasi PAD dan PBB ini merupakan bagian dari proses optimalisasi pendapatan asli daerah sebagaimana yang telah dilaksanakan pada bulan juli belum lama ini.

“Maka untuk tahap selanjutnya selaku pemerintah kabupaten kami akan memantau progres capaian realisasi PBB yang ada di setiap Desa/wilayan serta capaian realisasi PAD dari OPD pengelolaan retribusi,” ujarnya.

Rikson sapaan akrabnya, mengingatkan kepada para camat dan seluruh Sangadi segera mensosialisasikan kepada masyarakat seperti pengusaha hotel, penginapan rumah makan dan para pelaku usaha lainnya, untuk bisa turut mendukung program pemerintah, utamanya dalam hal membayar pajak.

“Karena pentingnya pajak dalam menyokong pembangunan daerah.” jelasnya.

Mantan Kabag TUP dan Kepala Dinas Pendidikan ini mengatakan, dalam rangka pembayaran pajak melalui aplikasi Online Monitoring Obyek Pajak Terpadu (OM Oku).

Disisi lain Pemda juga melakukan kerjasama dengan bank lain seperti BRI, BNI untuk bisa menjangkau seluruh objek pajak yang baik di dalam daerah dan diluar daerah.

“Maksimalkan keberadaan aplikasi ini, karena hadirnya Aplikasi itu untuk memberi kemudahaan serta bagian dari mengoptimalkan sektor pendapatan daerah dari pajak,” imbaunya.

Rikson pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada camat dan sangadi yang sudah mencapai 100 persen lunas pajak.

“Bagi wilayah kecamatan dan desa yang belum tuntas PBB, saya harap lewat evaluasi ini menjadi semangat dalam menuntaskan target yang ada,” ajaknya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Pimpinan OPD, Seluruh
Camat dan Sangadi se Bolsel. (lix)

Editor : Felix Tendeken