DLH Bolsel Berhasil Mengangkat 175 kg Sampah Plastik Dalam Aksi Menghadap Laut

0
33

TOMINI.NEWS-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mogondow Selatan (Bolsel), dibantu oleh komunitas KMPL Arecaceae, Darmawanita, PKK Bolsel, Balai Pelabuhan Dudepo dan Bank SulutGo, melakukan aksi Menghadap Laut 2.0 yang dilaksanakan di Pantai Sondana, Senin (19/8/2019).

Dalam Aksi menghadap laut 2.0 ini, pihak DLH bersama para komunitas berhasil mengangkat 175 kilogram sampah plastik.

Kepala DLH Bolsel Surahmad Sugeng Purwono, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B 3 dan Pengendalian Pencemaran Selfiana H Deowali mengatakan, jika pihak DLH bersama para komunitas berhasil mengangkat 175 kilogram sampah plastik.

“Kami berhasil mengangkat 175 kilogram sampah plastik, di pantai Sondana dalam aksi ini,” ucap Selfiana.

Dilanjutkannya, bahwa sampah-sampah plastik ini tak akan terkumpul tanpa dukungan beberapa komunitas, yang ikut serta dalam aksi ini.

“Tidak ada kata lain selain ungkapan terima kasih. Saya juga, berharap kepedulian terhadap laut bisa terus dijaga dan jangan buang sampah di sungai dan laut, karena laut adalah sumber makanan kita,” tegasnya.

Sekedar diketahui, Gerakan Menghadap Laut 2.0 ini diselenggarakan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI yang dilakukan serentak di 74 lokasi dan diikuti kurang lebih 74.000 peserta. Kegiatan tersebut kini telah menjadi bagian dari Aksi Rencana Nasional untuk pengurangan sampah plastik yang masuk ke laut.

Pandu Laut Nusantara menjadikan agenda ini, sebagai bagian penting dari aksi melestarikan laut Indonesia dan Pandu Laut Nusantara ini, merupakan gerakan sosial masyarakat yang diresmikan pada 2018. (***)