DPRD Dukung Pemkab Bolsel Dalam Penetapan Cagar Budaya

0
47

TOMINI.NEWS-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mogondow Selatan (Bolsel) mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam upaya melestarikan dan menetapkan cagar budaya di Bolsel.

Belum lama ini Selasa (27/8/2019), Ketua DPRD Haji Abdi Van Gobel bersama sejumlah anggota turut bersama tim Pemkab yang dipimpin Wabup Deddy Abdul Hamid mengunjungi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) SulutGo di Gorontalo.

Saat dihubungi, salah satu anggota legislatif (Aleg) Sukri Adam mengatakan, upaya Pemkab Bolsel dalam melestarikan dan menetapkan cagar budaya makam Raja Bolango, situs kerajaan dan situs sejarah lainnya akan memberikan dampak positif.

“Kunjungan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya di Gorontalo merupakan, upaya Pemkab Bolsel dalam melakukan kajian menetapkan makam Raja Hasan Van Gobel sebagai cagar budaya. Begitu juga dengan situs kerajaan dan sejarah lainya. Langkah pemerintah daerah ini, sangat didukung oleh DPRD dan Cagar budaya harus dilestarikan,” ucap Sukri, Jumat (30/8) kemarin.

Disisi lain, Ketua DPRD Bolsel Haji Abdi Van Gobel menuturkan, sejarah tidak boleh dilupakan agar para generasi muda tahu identitas daerahnya.

“Dengan menetapkan cagar budaya Raja Hasan Van Gobel, para generasi muda kita tahu, bahwa Bolaang Uki merupakan wilayah eks swapraja di Bolsel. Begitu juga dengan situs sejarah lainnya,” terang Abdi.

Sekadar diketahui, tindak lanjut dari kunjungan ke BPCB SuluGo, Pemkab Bolsel segera membentuk tim Pendataan cagar budaya Bolsel dan tim ahli, yang nantinya diajukan ke Kementerian kebudayaan fasilitasi BPCB SulutGo. (lix)

Editor : Felix Tendeken