Bupati Bolsel Tandatangani Rekomitmen Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI, Piagam Audit dan Survey Penilaian Integritas

0
52

TOMINI.NEWS-Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Haji Iskandar Kamaru S.Pt didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy, hari ini Senin (7/10/2019), menandatangani rekomitmen penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI, piagam audit dan peaksanaan survey penilaian integritas.

Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) disaksikan oleh seluruh pejabat eselon di lingkungan kerja Pemkab Bolsel.

Bupati pada kesempatan tersebut mengatakan, penandatanganan rekomitmen ini adalah komitmen untuk penyelesaian tindak lanjut tersebut sesuai dengan hasil rapat bersama BPK RI perwakilan Sulawesi Utara, serta dilakukan oleh seluruh kepala daerah.

Kata Bupati lagi, nantinya oleh Sekretaris Daerah akan mengevaluasinya untuk disampaikan kepada bupati dan wakil bupati sebelum ke BPK RI.

Ditempat yang sama terkait piagam audit, menurut Bupati, perlu dilakukan penegasan.

“Harus ada komitmen dari para pemangku kepentingan/stakeholders, terhadap pentingnya pengawasan internal sesuai amanat PP nomor 60 tahun 2018, tentang sistem pengendalian internal pemerintah terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, ” jelasnya.

“Dan itu dituangkan dalam piagam audit sebagai dokumen formal yang menyatakan tujuan, wewenang, dan tanggung jawab kegiatan pengawasan intern oleh aparat pengawasan intern pemerintah,” tambah Top Eksekutif di Kabupaten bervisi religius ini.

Sementara terkait survey penilaian integritas, menurut Bupati ini merupakan kerjasama antara KPK, BPS, yang tujuannya memetakan integritas dan capaian pencegahan korupsi pada lembaga pemerintah termasuk pemerintah daerah.

Disisi lain Bupati berharap BPKPD, Dinas Perhubungan, Kesehatan, PUPR-PPKP, Penanaman Modal/KPTSP,Transmigrasi dan Tenaga Kerja, serta ULP, untuk membantu kelancaran kegiatan tersebut.
Nampak hadir dikegiatan itu, Sekretarsi daerah, serta para Kepala Dinas/Badan, se-Bolsel. (***)

Editor : Felix Tendeken