Nelayan Pinolantungan yang Hanyut di Laut Bolsel Akhirnya Ditemukan

0
1512

TOMINI.NEWS-Setelah dinyatakan hilang pada Minggu (20/10/2019), Nasir Saenong (50) nelayan asal Desa Pinolantungan, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), ditemukan dalam kondisi selamat.

Korban ditemukan di dekat rumpon berjarak 15 mil dari pantai Pangia, Desa Pangia, Kecamatan Helumo, oleh nelayan asal Desa Taludaa Gorontalo.

Setelah ditemukan korban kemudian diserahkan di tengah laut kepada nelayan dari Desa Dudepo untuk selanjutnya dibawa ke daratan dan diberi pertolongan.

Menurut saksi Yasrin Kulo (47) dan Hajir Kulo (36) (saudara korban) turun melaut pada pukul 03.00 Wita menggunakan perahu pribadi dengan niat turut serta mencari korban.

Setelah melakukan perjalanan laut, pada pukul 08.30 Wita mereka bertemu dengan nelayan dari Desa Taludaa Gorontalo yang memberitahukan bahwa telah ditemukan seorang nelayan asal Bolaang Uki.

“Mendengar informasi tersebut kami langsung bergegas karena dapat dipastikan itu adalah saudara kami yang kami cari beberapa hari ini,” ujar Yasrin.

Sebelum melanjutkan perjalanan Yasrin dan Hajir melaporkan penemuan tersebut kepada keluarga korban yang disampaikan oleh Marjun Wahab (40) tetangga keluarga korban.

Informasi tersebut kemudian sampai ke telinga Kepala Koordinator Pos Basarnas Kotamobagu yang pada saat itu sedang standby di Pos pencarian.

Tidak ingin berlama-lama, bersama Kesbangpol, Tagana, dan Basarnas Tim penyelamat langsung menuju ke TKP untuk melakukan evakuasi korban.

Setelah itu pada pukul 09.42 Wita korban tiba di Dermaga Pinolantungan Desa Pinolantungan Kecamatan Bolaang Uki diangkut menggunakan perahu milik Yasrin Kulo yang dikawal oleh Tim penyelamat.

Sesampainya korban di darat langsung dijemput oleh Tim Medis didampingi Serda Hermawan yang merupakan Babinsa setempat kemudian dibawah menuju ambulance dan selanjutnya dirujuk ke RSUD Molibagu untuk diberikan perawatan intensif.

“Kami berkoordinasi dengan pemerintah desa dan Babinkamtibmas untuk memantau kesehatan korban,” ujar Serda Hermawan.

Informasi tersebut turut dibenarkan oleh Kapolsek Urban Bolaang Uki melalui Bintara Polsek Bripka Peppy Gobel bawah bersama tim penyelamat pencari korban hilang saat ini sementara dilakukan evaluasi.

“Ia, saat ini korban dalam perawatan medis,” ujar Peppy.

Sementara itu Kepala Koordinator Pos Basarnas Kotamobagu Rusmadi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Tim.

“Bersyukur korban sudah ditemukan dalam keadaan selamat,” ucapnya.

Ucapan yang sama juga ditujukan kepada masyarakat dan Pemerintah Bolsel melalui Kesbangpol, BPBD, Tagana, TNI, dan Polri yang turut dalam proses pencarian.

Ditempat yang sama Kasi Wada Kesbangpol Bolsel mewakili pemerintah daerah mengatakan keinginan Bupati untuk bergabung dalam pencarian korban, tetapi karena tugas tidak dapat hadir pagi itu.

Sementara itu dari hasil olah TKP diduga korban murni mengalami kecelakaan di laut. (lix)

Editor : Felix Tendeken