Bupati Haji Iskandar Kamaru Mandi Safar Dengan Ribuan Masyarakat Bolsel

0
242

TOMINI.NEWS-Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Haji Iskandar Kamaru S.Pt membaur dengan ribuan masyarakat dalam acara adat mandi Safar yang digelar di muara sungai Desa Nunuka Raya Kecamatan Tomini, Rabu (23/10/2019).

Seperti yang diketahui ritual mandi Safar satu diantara adat di Kabupaten Bolsel yang terus dijaga kelestariannya oleh masyarakat.

Kata Bupati mandi Safar adalah budaya lokal yang bernuansa religi.

“Hari ini kita berdoa, semoga segala kesialan, keburukan, kejahatan selama satu tahun yang ada di diri kita masing – masing, akan di angkat dan di jauhkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” doa Bupati.

Lanjutnya, mandi Safar ini juga bertujuan untuk menjauhkan segala marah bahaya dan bencana sepanjang setahun kedepan.

“Kita doakan tidak ada bencana yang akan menimpa masyarakat yang ada di Bolsel. Juga kerukunan, kekeluargaan dan kebersamaan akan selalu menyertai kita semua,” harapnya.

Dijelaskannya lagi, ritual budaya tahunan mandi Safar akan dijadikan agenda tahunan dan akan dianggarkan lewat APBD.

“Mandi Safar ini akan terus dilestarikan dan dijadikan agenda tahunan. Kedepan akan digilir di setiap desa,” jelasnya.

Bupati yang menggunakan kemeja berwarna putih tampak gembira saat merendamkan tubuhnya kedalam sungai serta memercikkan air dari genggaman kepada seluruh peserta hari itu.

Suasana menjadi riang gembira, sorakan demi sorakan menggema di lembah desa memohon agar segala sakit-penyakit dan bencana dihindarkan oleh Tuhan Sang Pencipta.

Tampak masyarakat yang ikut dalam ritual ini begitu gembira, menikmati semua rangkaian acara.

“Sangat senang karena bisa mandi Safar bersama orang nomor satu di Bolsel,” ujar Ali satu diantara peserta mandi Safar.

Diketahui, ritual budaya ini merupakan acara penutup dari sejumlah rangkaian budaya mandi Safar. Sebelum mandi Safar ada kegiatan religi lainnya seperti dzikir dan Do’a di setiap rumah penduduk. (lix)

Editor : Felix Tendeken