Pemkab Bolsel Gelar FGD Penetapan Cagar Budaya

0
29

TOMINI.NEWS-Hari ini Rabu 07/11/2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melaksanakan Focus Group Disicussion (FGD) Penetapan Cagar Budaya Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

Acara ini dibuka oleh Bupati Bolsel Haji Iskandar Kamaru S.Pt.

Dalam penyampaiannya Bupati menekankan pentingnya acara ini untuk menetapkan Pokok Pokok Pikiran Kebudayaan Sesuai amanat undang-undang.

Sebab kata dia, masih banyak tempat bersejarah di Bolsel yang bisa dijadikan cagar budaya namun belum diidentifikasi dan dikembangkan.

“Hari ini kita mulai dengan FGD dan kita akan seriusi hal ini saya berharap dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh adat,” ujarnya.

Setelah Pembukaan acara dilanjutkan dengan pemateri dari Dinas Kebudayaan Provinsi yaitu Drs Alex John Ulaan, materi yang disajikan ini berkaitan dengan dasar pelaksanan PPKD yaitu Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan , meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan.

Kemudian pentingnya mendengarkan saran dari para pemangku adat dan budaya daerah dalam penyusunan Pokok Pikirkan Kebudayaan Daerah (PPKD) dan penetapan cagar budaya sebagai amanat UU.

Penyampaian materi ini juga didampingi oleh perwakilan Dinas Kebudayaan Provinsi yaitu Ibu Anita Mokodongan S.ST.Par M.Hum.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wahyudin Kadullah S.IP ME mengucapkan terima kasih kepada semua undangan yang hadir.

“Ini merupakan tahapan yang sangat penting sehingga sangat diharapkan masukan dari semua stakeholder,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Bapak Arifin Olii, Anggota DPRD Sunardi Kadullah, perwakilan Tokoh-tokoh Masyarakat Abdi Van Gobel,SE , Abadi Yusuf,S.Pd , Ahmad Gobel,Smh , Ridwan Ali,S.Pd , Z.M Ointu , S.E Gobel dan juga dihadiri oleh Sangadi-sangadi di Kecamatam Bolaang Uki. (Adv)

Editor : Felix Tendeken