Lewat Sosialisasi Kadis Kominfo Bolsel Menjelaskan Fungsi KIM

0
35

TOMINI.NEWS-Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), hari ini Kamis (14/11/2019), melaksanakan sosialisasi pembentukan dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Camat Bolaang Uki dan dibuka oleh Kepala Diskominfo (Kadis) Bolsel Aldy Setiawan Gobel.

Menariknya kegiatan ini menghadirkan narasumber Drs. Santje Husain, M.MSIP Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Utara.

Mewakili Bupati, Kadis Kominfo Aldy Setiawan Gobel,SE dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“KIM merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang di implementasikan oleh seluruh instansi pemerintahan yang ada di indonesia,” ujarnya.

Kadis menjelaskan, KIM dijalankan dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi, serta menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya agar bisa saling memberdayakan, salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi yang bermanfaat.

“Melalui KIM, masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya sendiri, maupun kelompok dan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi,” jelasnya.

Adapun fungsi dari KIM salah satunya adalah Sebagai wahana informasi antar anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada masyarakat.

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat wawasannya dapat lebih berkembang dan memahami apa yang dimaksud dengan KIM beserta dengan fungsinya dan dapat segera membentuk kelompok-kelompok di lingkungannya masing-masing sehingga memberikan manfaat dan dukungan yang positif bagi pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, ” tandasnya.

Turut hadir, Camat Bolaang Uki, Sangadi, Aparat Desa, Tokoh Pemuda, serta Anggota KIM Bolaang Mongondow Selatan. (lix)

Editor : Felix Tendeken