Festival Tolrangka di Desa Sakti Berlangsung Meriah

0
37

TOMINI.NEWS-Perayaan Festival Tolrangka tahun 2019 di Desa Sakti, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Kamis (21/11/2019), berlangsung meriah.

Foto : Bupati Haji Iskandar Kamaru S.Pt disambut dengan adat

Agenda tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini dibuka oleh Bupati Haji Iskandar Kamaru S.Pt didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy.

Perayaan kali ini sangat spesial karena dilaksankan bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Kegiatan budaya yang berbalut religi yang dilaksanakan tahun ini sangat istimewa,” ucap Bupati saat membuka kegiatan.

Menurut Top Eksekutif di tanah bervisi religius ini digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, 1441 Hijriyah, sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya.

“Kegiatan ini harus dilestarikan agar anak-anak kita bisa tahu dan kebudayaan lokal yang kita dimiliki tidak tergerus dengan perkembangan zaman,” ujar Bupati.

Bupati berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial melainkan menjadi pijakan revolusi mental dalam melaksanakan tugas sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kata Kamaru, perayaan tahun ini adalah yang ke tujuh kali dan digelar di lokasi yang berbeda-beda dengan tujuan mewujudkan visi Bolsel religius, berbudaya, maju dan sejahtera.

“Festival ini sudah menjadi agenda rutin tahunan pemerintah daerah, sekaligus sebagai ajang promosi potensi pariwisata khusunya wisata religi dan sebagai pelestarian budaya lokal yang ada di Kabupaten Bolsel. Olehnya, kegiatan bernuansa religi dan budaya ini harus terus dilestarikan dan dijaga,” tandasnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua PKK Bolsel Selpian Kamaru Manoppo, Kapolres Bolsel, Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Staf Khusus, Kepala OPD, Camat, sangadi, serta Masyarakat kecamatan Posigadan. (***)