Bolsel Miliki Alat Pendeteksi Gempa dan Tsunami

0
64

TOMINI.NEWS-Kabar gembira disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nurdin Patajenuh, Rabu (11/12/2019).

Foto : Lokasi pemasangan alat pendeteksi gempa dan gelombang Tsunami di Bolsel

“Di Bolsel sementara dilaksanakan pemasangan instalasi alat pendeteksi gempa,” ujar Patajenuh.

Kata dia, bantuan tersebut dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat dan diterima di Kota Gorontalo.

“Nilai bantuan sebesar Rp 3,5 Miliar,” jelasnya lagi.

Dijelaskan Pemkab Bolsel menyediakan lahan hibah di belakang Kantor Kemenag serta pemasangan pagar, paving blok, serta dana sharing yang totalnya sebesar Rp 175 juta.

“Sementara untuk teknisinya ada tiga orang dari PT Land Industri yang merupakan pemenang tender,” jelasnya.

Untuk pemasangan peralatan kata dia, akan berlangsung selama dua minggu dan akan beroperasi pada awal tahun.

“Alat ini akan mendeteksi gempa berupa sensor gempa bumi dan gelombang tsunami,” jelasnya.

Patajenu membeberkan, selain lobinya masuknya peralatan pendeteksi ini hal buah perjuangan Anggota DPR RI Haji Herson Mayulu S.IP yang merupakan mantan Bupati Bolsel dua periode.

“Saya yang minta, karena secara geografis daerah Bolsel dikelilingi cincin api yang memudahkan terjadinya pergeseran lempeng dan patahan kerak bumi,” bebernya yang meminta alat tersebut pada saat rakornas 2019 di Kota Surabaya.

Kata dia lagi, untuk penentuan titik BMKG yang menentukan dan dengan pertimbangan Bolsel daerah rawan bencana karena tujuh kecamatan memanjang ditepi pantai.

“Alat ini bisa mendeteksi gempa dari Boltim sampai dengan Bone Bolango Gorontalo,” Patajenu menjelaskan jangkauan pendeteksi gempa dan gelombang tsunami. (lix)

Editor : Felix Tendeken