RSUP Kandou Siap Menangani Pasien Jika Terpapar Virus Corona

0
44

TOMINI.NEWS-Direktur Utama (Dirut) RSUP Prof Dr RD Kandou Manado, Dr dr Jimmy Panelewen Sp.B-KBD, mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk menangani pasien jika terpapar virus Corona yang saat ini tengah mewabah di wilayah Tiongkok, Kamis (23/1/2020).

Foto Dirut RSUP Kandou dan Wali Kota Manado

Kalimat tersebut dilontarkan olehnya untuk menjawab pertanyaan masyarakat terkait semakin banyaknya kunjungan turis dari Tiongkok ke Kota Manado.

“Karena kita punya SOP sendiri, pedoman tersendiri mengenai penanganan kasus-kasus yang mudah menyebar seperti kasus Pneumonia Tiongkok (Coronavirus),” ujar Dirut.

Kata dia, sebenarnya virus-virus yang kita kenal seperti virus SARS dan MERS pola penanganannya sama.
Dimana RSUP Kandou memiliki ruang perawatan, ruang isolasi di IGD.

“Pasien akan masuk dari jalur yang berbeda, persoalannya tenaga kesehatan harus bisa mengenal pasien ini, pasien khusus yang tidak boleh bersama-sama dengan pasien yang lain sehingga dia harus melalui alur yang lain yaitu di ruang isolasi,” terang Dirut.

Kata dia, tenaga kesehatan yang dimiliki oleh RSUP Kandou sudah mengenal betul penanganan-penaganan terhadap pasien seperti ini.

“Karena sama dengan influensa biasa, gejalanya batuk beringus, lemah badan, muntah dan panas. Yang jadi spsifik itu karena berasal dari Tiongkok,” tambanya.

Dijelaskan, jika nanti jumlah pasien melebihi dari kapasitas yang ada di IGD maka akan dipindahkan ke ruang isolasi yang lebih besar, jika masih tidak cukup amak akan menghubungi rumah sakit lainnya yang memiliki ruang isolasi.

“Kalau masih belum cukup maka akan kita kosongkan satu ruangan, khusus untuk isolasi,” tandasnya. (El)

Editor : Felix Tendeken