Berdiri Tujuh Lantai, Berikut Fasilitas yang Disediakan RSUD Kota Manado

0
176

TOMINI.NEWS-Tidak kalah dengan beberapa rumah sakit lainnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Manado akan dibangun tujuh lantai dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh pasien dan keluarga pasien.

dr Ivan Sumenda

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Ivan Sumenda, lantai dasar untuk basement dan gudang farmasi, lantai satu instalasi gawat darurat, opasito dan shopping center, lantai kedua untuk poliklinik bedah, penyakit dalam, pediatri serta poliklinik umum.

“Lantai ketiga untuk NICU dan juga untuk rehabilitasi medik dan fisioterapi aktif. Lantai berikutnya ruang operasi umum, ruang operasi minor dan bank darah, berikutnya ruang PICU dan ruang rawat ibu dan anak, lantai enam ruang rawat inap dan yang ketujuh rawat inap VIP dan ruang direksi,”jelas dr. Ivan, Jumat (14/2/2020).

Selain itu kata dia, di sekitar rumah sakit akan dibangun infrastruktur penunjang seperti gedung PMI yang akan mensuplai donor darah, gedung poliklinik penyakit menular, central laboratorium dan ruang jenazah.

“Rumah sakit ini juga memiliki dua alat insinerasi (pembakar sampah) satu untuk membakar sampah biasa dan satunya lagi untuk membakar sampah medis. Pokoknya nantinya rumah sakit ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas,”kata dia.

Lanjutnya menjelaskan, dasar pembangunan RSUD Kota Manado berasal dari dana pinjaman daerah di PT SMI yang dituangkan dalam APBD Kota Manado.

“Ini dibangun dengan nilai kontrak sebesar Rp 89.500.852.000 dan dikerjakan oleh PT MAM Energindo,”tukasnya. (El)

Editor : Felix Tendeken