Tingkat Hunian Hotel Terjun Bebas

0
10

TOMINI.NEWS, MANADO-Tingkat hunian kamar hotel di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kota Manado anjlok akibat dari wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Foto istimewa

Setidaknya empat dari 30 hotel berbintang di Provinsi Sulawesi Utara termasuk Kota Manado ditutup dan pekerjanya dirumahkan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Manado Donald F Supit, Senin (27/4/2020) di ruang kerjanya.

“Memang benar, hampir setiap hari kami menerima laporan dari perusahaan termasuk hotel yang berhenti beroperasi sementara waktu,” ujarnya.

Kata dia, ini dikarenakan jumlah penghuni kamar hotel terjun bebas jauh dari angka sebelum mewabahnya Covid-19.

“Yah, kami berharap agar angka PHK tidak bertambah,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dra Nevi Lenda Pelealu MSi, berharap agar pandemi Covid-19 segera berlalu, sehingga PHK karyawan di bidang industri wisata tidak terus berlangsung.

“Harapannya pegawai yang dirumahkan tidak putus asah dan terus bersemangat mencari pekerjaan sampingan sembari menunggu perekonomian industri wisata kembali normal,” ujarnya.

Menurut dia, jika Covid-19 berlalu dan industri pariwisata kembali normal tentu pengusaha-pengusaha wisata akan membutuhkan banyak pegawai.

“Semoga semua cepat berlalu,” tandasnya. (El)

Lipsus

Editor : Felix Tendeken