Salurkan BLT-Dandes Kepada 106 KPM, Camat Apresiasi Langkah Pemdes Kosio Timur

0
52

TOMINI.NEWS, BOLMONG-Pasca 5 hari pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Desa (Pemdes) Kosio Timur, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolmong menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahap I bagi masyarakat terdampak Virus Covid-19.

Penyaluran yang dilaksanakan di balai desa Kosio Timur tersebut dibuka langsung oleh Camat Dumoga Tengah, Rahmat S. Makalalag serta Sangadi Kosio Timur, Burhan Makalalag.

Dalam sambutannya, Rahmat mengapresiasi kerja keras Pemdes Kosio Timur dalam upaya penanganan Virus Covid-19.

“Di wilayah kerja saya, Kosio Timur memang desa terakhir yang melakukan penyaluran BLT-Dandes. Tapi itu bukan disengaja melainkan karna memperhatikan proses dan regulasinya agar bantuannya tepat sasaran kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 ini,” Ujar Rahmat.

Sementara itu, Burhan Makalalag menuturkan, pada saat melakukan pendataan calon penerima BLT-Dandes, pihaknya melibatkan tim gugus tugas secara aktif.

“Jadi data hari ini sebagaimana data yang di dapat dilapangan oleh tim gugus tugas. Pun, proses validasi data dikukuhkan secara insidentil bersama dengan BPD dan Lembaga Masyarakat melalui Musdes Khusus hingga ditetapkan pada peraturan kepala desa,” Jelas Burhan.

Burhan menjelaskan, pihaknya mengcover sebanyak 106 Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat dengan anggaran Rp 198.900.000 atau 25% dari PAGU Dana Desa.

“Untuk tahap I, kita anggarkan Rp 63. 000.000. Sementara jumlah penerima bantuan baik dari ABPD dan APBN ada sebanyak 164 KPM, dengan rincian penerima BPNT/PKH 39 KK dan BST Kemensos 29 KK,” Jelasnya.

Dikatakannya, selain fokus pada penyaluran BLT-Dandes dan bantuan lainnya, Pemdes Kosio Timur juga aktif melakukan sosialisasi serta edukasi secara langsung maupun lewat media sosial, dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

“Salah satunya dengan melibatkan tim gugus tugas untuk turun melakukan penyemprotan disinfektan dan membagikan masker serta Vitamin untuk setiap warga. Bahkan kami menyediakan ruang isolasi bagi para pelaku perjalanan luar daerah,” Tuturnya.

Pun dirinya berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir, agar masyarakat bisa beraktivitas secara normal kembali.

Sekedar diketahui, Pemdes Kosio Timur menyiapkan penyertaan dana untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp 53 juta dan dana cadangan sebesar 83 juta yang di ambil dari Bumdes. Hal itu diperuntukkan untuk pengadaan Masker 312 pcs, Vitamin C 500 btol, Gelon 250 biji, APD lengkap sebanyak 4 pasang, dengan total anggaran Rp 36. 000.000. (Can)

Liputan Chandra Mokoagow