Tumbelaka : Mor-HJP Salah Satu Pilihan Menarik Bagi Publik di Kota Manado

0
138

TOMINI.NEWS, MANADO-Pengamat Politik berdarah Manado, Taufik Tumbelaka, angkat bicara terkait dengan persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kota Manado yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

Foto kolase

Menurut dia, Pemilukada nanti akan berlangsung berbeda, sebab tidak ada sang petahana seperti Pemilukada sebelumnya.

“Saya melihat semua figur yang muncul dan mengemuka dapat dikatakan memiliki peluang yang sama,” ujarnya.

Dicontohkan Mor Bastiaan yang notabene sampai dengan saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota, Paula Runtuwene yang menjabat sebagai Ketua TP PKK Manado selama 9 tahun lebih dan sebagai representasi GSVL, Jimmy Rimba Rogi mantan Walikota, Andre Angouw Ketua DPRD Sulut yang meraih suara terbanyak dari Dapil Manado.

“Pada dasarnya memiliki kekuatan yang relatif berimbang dengan segala kelebihan dan kekurangannya,” jelasnya.

Kata dia, sampai saat ini semua figur masih pada masa penjajakan satu dengan lainnya. Kemudian bermunculannya wacana berpasangan namun belum sampai terpatri dalam bentuk Surat Keputusan (SK).

“Nah ini bagian dari dinamika,” tambahnya.

Kemudian kata dia, terkait Wakil Walikota Mor Bastiaan yang diwacanakan akan berpasangan dengan HJP adalah sah-sah saja.

“Karena sebagai figur yang relatif cukup populer tentu akan menarik figur lain untuk ‘melirik’ dan mendekati,” ujarnya.

Namun kata dia, siapa yang akan berpasangan dengan Mor, nanti akan terlihat pada pendaftaran.

“Sampai saat ini nampaknya yang mendekati pilihan final adalah HJP yang dikenal punya basis massa relatif cukup kuat, namun dalam dinamika politik semua bisa terjadi, apakah memang nantinya akan terjadi duet bakal kandidat, Mor – HJP, yang terpatrikan pada saat pendaftaran,” tambahnya bahwa publik masih menunggu.

Menurut dia, jika nanti Mor HJP berpasangan dan bertarung pada Pilwako akan menjadi salah satu calon terkuat yang menarik simpati masyarakat.

“Jika nantinya memang benar terjadi Mor-HJP, ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi publik di Kota Manado,” tandasnya. (El)

Editor Felix Tendeken