Patuhi Protokol Kesehatan, Jajaran KPU Bolsel Bakal Jalani Rapid Test

0
24

TOMINI.NEWS, BOLSEL-Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai dilaksanakan.

Ketua KPU saat berbincang dengan Sekda

Meski di tengah situasi wabah Covid-19, namun Pilkada serentak pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel serta Gubernur dan Wakip Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan tetap dilaksanakan pada 9 Desember tahun 2020 mendatang.

Pun terkait hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolsel, tetap mematuhi protokol kesehatan di setiap pelaksanaan kegiatan. Termasuk akan melakukan pemeriksaan Rapid Test bagi setiap penyelenggara pemilu.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Ketua KPU Daerah Bolsel, Stanly Eskolano Kakunsi. Dimana pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemda Bolsel untuk membahas tahapan dan rencana pemeriksaan rapid test.

“Tadi kami sudah bertemu dengan pak Sekda Bolsel. Nah mereka menyambut baik rencana itu, termasuk akan menyiapkan tenaga medis,” Ungkap Eskol, panggilan akrabnya.

Dikatakannya, pemeriksaan rapid test bagi penyelenggara Pemilu sangat penting dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Virus Covid-19.

“Pemeriksaan akan dilakukan bagi setiap penyelenggara mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Pastinya secara bertahap,” Ujarnya.

Kemungkinan tahap awal untuk petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP). Namun kami baru melakukan rekrutmen.

“Rekrutmen PPDP sudah dibuka Rabu (24/06/2020) kemarin sampai juli mendatang,” Sebutnya.

Eskol juga menjelaskan, pada pemeriksaan rapid test nanti, jajaran penyelenggara Pemilu akan di arahkan ke Puskesmas di tiap kecamatan.

“Agar tidak terjadi perkumpulan banyak orang, maka akan kami arahkan ke Puskesmas atau di satu titik. Sehingga protokol kesehatan berjalan dengan baik,” Imbuhnya. (Can)

Liputan Chandra Mokoagow

Editor Felix Tendeken