BNNP Sulut Akan Membuat Tempat Rehabilitasi Berstatus Rawat Inap

0
19

TOMINI.NEWS, MANADO-Untuk menyembuhkan para pecandu narkoba dari sifat kecanduannya, maka Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Utara (Sulut) rencananya akan membuat tempat khusus rehabilitasi berstatus rawat inap.

Foto Kepala BNNP Sulut

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala BNNP Sulut Brigjen Pol Victor Jefri Lasut, pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Kantor BNNP Sulut, Jumat (26/6/2020).

“Kita akan membuat tempat rehabilitasi rawat inap di kantor kita ini. Apabila ada yang harus direhab kita rehab disini,” ujarnya.

Kata dia, pembuatan tempat rehab tersebut juga untuk memenuhi pasal 127 ayat 3 undang-undang narkotika terkait dengan penyalahgunaan narkotika dan potensi hukumnya.

“Tahun ini ada 60 orang kita rehabilitasi dengan rawat jalan tidak rawat inap,” ujarnya lagi.

Dibeberkan, jika nanti pihaknya menangkap pelaku jaringan narkotika dan pengguna maka akan diassesment secara terpadu.

Kemudian pihaknya akan berupaya mengentikan ketergantungan pengguna dengan program-program yang ada di bidang rehabilitasi.

“Baru kita pelajari fungsinya apakah sebagai kurir, bandar atau pengendali. Setelah itu kita membuat rekomendasi sehingga bisa digunakan pada praperadilan selanjutnya,” bebernya. (lix)

Editor Felix Tendeken