Berharap Kejadian Sama Tak Terulang Kembali, PDIP Bolsel Laporkan Aksi Pembakaran Bendera Partai

0
37

TOMINI.NEWS, BOLSEL-Ketua DPC PDIP Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Iskandar Kamaru SPt, beserta jajaran dan pengurus mendatangi Polres Bolsel untuk melaporkan aksi pembakaran bendera berlogo banteng moncong putih, Senin (29/6/2020).

Laporan tersebut adalah bentuk tindakan tegas terhadap aksi pembakaran bendera PDIP pada saat demo penolakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila di depan Kantor DPR/MPR RI belum lama ini.

Kepada pewarta Kamaru mengatakan, ini adalah perintah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada seluruh DPD dan DPC se-Indonesia.

“Untuk menjaga hal hal yang tidak diinginkan, maka pengurus DPC PDIP Bolsel, memberikan dukungan moril kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas pelaku pembakaran bendera partai tersebut,” ujarnya.

Diharapkan melalui laporan tersebut kejadian yang sama tidak akan terulang kembali, sebab bendera tersebut merupakan jati diri partai yang telah disahkan oleh Kemenkumham.

Pada kesempatan itu, DPC PDIP Kabupaten Bolsel juga mengeluarkan beberapa pernyataan sikap, diantaranya ;

1. Peristiwa pembakaran bendera PDIP dan issu komunis yang dilontarkan oleh massa aksi, bukan hanya bentuk serangan kepada PDIP perjuangan, namun juga merupakan serangan terhadap demokrasi hukum dan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

2. Kejadian tersebut merupakan suatu bentuk anarkisi serta upaya dan keinginan untuk memecah belah persatuan bangsa yang tidak dapat dibenarkan.

3. Karena hal tersebut, kami meminta pihak kepolisian untuk bertindak tegas, mengusut dan memberikan sangsi hukum kepada pelaju pembakaran bendera PDIP dan menangkap kelompok kelompok yang menyebarkan isu kebencian yang ingin memecah belah persatuan bangsa.

4. Meminta kepada Kepolisian Resort Bolsel untuk melakukan upaya preventif agar kejadian serupa tidak terjadi di kemudian hari, khususnya di Kabupaten Bolsel.

Sementara itu, Kapolres Bolsel AKBP. Yuli Kurnianto, SIK mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan ini secara berjenjang.

“Kami akan sampaikan ke pimpinan, bahwa ada pernyataan sikap dari Ketua DPC PDI Perjuangan di wilayah Bolsel,” ungkap Kapolres, saat dikonfirmasi, awak media.

Kapolres berharap kejadian serupa tidak terjadi di wilayah kabupaten Bolsel, “Mari kita jaga Bolsel ini, agar jangan sampai terjadi, untuk itu kami menyerahkan ke satuan atas untuk mengusut pelaku pembakaran bendera partai tersebut,” tegas Yuli. (Can)

Liputan Chandra Mokoagow

Editor Felix Tendeken