Deddy Abdul Hamid, Wakil Bupati Yang Pernah Jadi Buruh Kapal

0
273

TOMINI.NEWS, BOLSEL-Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Utara akan kembali digelar pada 09 Desember tahun 20 mendatang. Pada Pilkada serentak gelombang ke empat ini sejak tahun 2015 lalu, dipastikan ada sebanyak 270 daerah se-Indonesia yang akan mengikuti ajang demokrasi akbar mendatang.

Foto Wabup Deddy Abdul Hamid

Salah satunya Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Dimana, Kabupaten yang dikenal dengan daerah Religius ini, masyarakat akan menentukan siapa yang bakal memimpin kedepan.

Sejumlah nama pun mulai bermunculan untuk mengisi bursa calon Bupati dan calon Wakil Bupati. Salah satunya, Deddy Abdul Hamid atau yang akrab disapa Ko’ Deddy oleh kebanyakan masyarakat Bolsel.

Deddy sendiri lahir di Pinolosian, 05 November 1969, merupakan suami dari Rosdiana Lapatola.

Berjuang Dari Bawah Sejak kecil, dirinya telah tumbuh dan berkembang dilingkungan keluarga yang disiplin dan agamais. Dimasa remaja, Deddy terbiasa mengurus lahan kebun milik keluarganya.

Hal ini pun terbawa hingga dirinya dikarunai tiga orang putra. Dari bekal inilah, Deddy menekuni berbagai bidang usaha bahkan termasuk sebagai salah satu pengusaha sukses di Kabupaten Bolsel itu. Namun, bukan hal yang mudah bagi dirinya untuk menuai semua hasil itu.

Sebab, usaha yang dirintisnya tersebut semua dimulai dari bawah, termasuk pernah menjadi buruh di kapal penangkap ikan dengan bayaran upah yang tak seberapa.

Tekad Yang Kuat Berkat itulah dirinya kini memiliki 2 kapal penangkap ikan, yang dimana telah berhasil memperkerjakan kurang lebih 70-an orang. Pun tak hanya itu, saat ini juga Deddy melebarkan sayapnya lewat bisnis perternakan sapi, yang melibatkan sebanyak 30 kepala keluarga dengan sistim bagi hasil.

Tampil sederhana, kerja keras, kemandirian dan perjuangan, rupanya menjadi falsafah hidup bagi orang nomor dua di Bolsel ini. Yah, sebagaimana diketahui, saat ini Deddy masih tercatat sebagai Wakil Bupati aktif dari Iskandar Kamaru S.Pt sebagai Bupati Bolsel, yang juga dimana keduanya merupakan pasangan petahana dengan jargon BERKAH (Bersama Kamaru-Hamid).

Berpolitik untuk orang banyak kepada awak media, dirinya mengungkapkan awal mula keterlibatannya dalam dunia Politik.

Dimana, pada masa jabatan Hi Herson Mayulu SIP menjabat sebagai Bupati. Deddy diangkat sebagai salah satu pengurus partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI).

Dari sinilah Deddy memulai karir perpolitikan yang menghantarkannya menjadi anggota DPRD Kabupaten Bolsel periode 2014-2019. Hingga dirinya diangkat untuk mengisi kekosongan kursi Wakil Bupati pada tahun 2019 lalu sampai saat ini.

Meski demikian Deddy tak lantas mengabaikan cita-cita pribadinya. Tatanan karir dan bisnisnya sebagai penopang ekonomi terus dirintis disela-sela kepadatan sebagai Top Eksekutif.

Menurutnya, semua itu demi orang banyak. Motivasi Demi Daerah Pilkada 2020 merupakan momentum bagi Deddy untuk tampil dan memegang peran dalam melanjutkan proses pembangunan kesejahteraan rakyat. Tidak hanya melanjutkan proses yang sudah berjalan, Ia juga mempunyai pemikiran-pemikiran konstruktif yang mampu memberikan solusi terhadap berbagai persoalan ditingkat daerah hingga nasional.

Untuk lebih jauh dalam memberikan kemajuan dan memberikan konstribusi nyata bagi masyarakat Kabupaten Bolsel, sebagai sosok yang di tokohkan, dirinya ingin terus menunjukan yang terbaik untuk Bolsel dengan ikut meramaikan bursa pemilihan Cabup dan Cawabup Kabupaten Bolsel tahun 2020.

Pemimpin yang dibutuhkan adalah pemimpin yang berpihak dan memperjuangkan kepentingan rakyat kecil, pemimpin yang berkarya tanpa pamrih pribadi, kelompok dan golongan, pemimpin yang bersedia untuk melayani dan bukan ingin dilayani. Inilah yang menjadi landasan utama Deddy Abdul Hamid untuk kembali maju di Pilkada.

LSukses ganda sudah diraih oleh Deddy Abdul Hamid, yaitu sukses dalam membangun kekuatan civil society di Bolsel dan sukses pribadi sebagai entrepreneur. Tentunya ini kesempatan yang sempurna bagi Deddy untuk mengabdikan diri kepada masyarakat di Kabupaten Bolsel tercinta. (Can)

Liputan khusus

Liputan Chandra Mokoagow

Editor Felix Tendeken