Satlantas Polresta Manado Terus Lakukan Penindakan Pelanggar Lalu-lintas

0
46

TOMINI.NEWS, CRIME-Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polresta Manado tak habis-habisnya melakukan penertiban pelanggaran parkir liar di Kota Manado.

Setiap harinya penertiban dilakukan di setiap sudut Kota Manado dan mulai dilakukan dari Jalan Pierre Tendean Boulevard, Kompleks Taman Kesatuan Bangsa Pasar 45, dan berakhir di Lapangan Sparta Tikala Kota Manado. Tidak memandang siapa saja yang ditindak setiap harinya puluhan kendaraan roda dua dan empat yang kedapatan parkir diarea terlarang dikenakan sangsi pengembosan ban oleh petugas.

Sementara itu, Kamis (9/7/2020) hari ini, Kepala Satuan Lalu-lintas Polresta Manado AKP Anita Magdalena Sitinjak mengatakan, penertiban ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas penertiban sebelum terjadi penumpukan kendaraan.

“Hal ini terutama adanya parkiran liar di sejumlah kawasan terlarang. Meskipun dimasa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang tak mengindahkan peraturan lalu-lintas. Kondisi ini ternyata cukup mengganggu kenyamanan warga pengguna jalan raya,” ujar Sijintak saat sedang mengemboskan ban di Jalan Piere Tendean.

Lanjutnya, kegiatan penertiban telah dilakukan dari beberapa pekan lalu, dan menyasar lokasi-lokasi yang rawan parkir liar. Untuk yang melanggar jika pengemudinya tidak berada ditempat akan kami gemboskan sementara jika pengemudi berada ditempat akan kami tindak dengan memberikan surat tilang.

“Kami sengaja menyasar area, yang padat kendaraan dan langsung menindak kendaraan yang kedapatan parkir tidak pada tempatnya. Tidak pandang bulu, sehingga memberikan efek jera kepada pelanggarnya dan kami tidak memberikan peringatan terlebih dahulu karena sudah jelas rambu lalu-lintasnya,” lanjut dia.

Kegiatan tertib lalulintas ini rencananya akan digelar rutin setiap harinya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Manado. Kasat Lantas mengimbau, warga kota Manado untuk tetap mematuhi peraturan lalu-lintas meskipun di masa pandemi ini.

Tidak hanya itu, mereka juga melakukan razia untuk pengendara kendaraan roda dua yang tidak memakai helm, melawan arah. Menurutnya sangat fatal jika kendaraan roda dua yang tidak memakai helm lalu mengalami kecelakaan dan pengemudi yang sering melawan arah.

“Kegiatan ini akan rutin kami gelar, agar nantinya kesadaran masyarakat akan tertib berlalulintas, karena semuanya untuk kepentingan bersama,” pungkasnya, sembari menindak beberapa pengemudi yang melanggar.(Wyn)