MOR Larut Dalam Kebahagiaan Bersama Warga Binaan Rutan Malendeng

0
73

TOMINI.NEWS, MANADO-Raut bahagia tampak di wajah para penerima remisi, warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II A Malendeng Kota Manado, Senin (17/8/2020).

Foto istimewa

Rasa bahagia tak mampu diungkapkan dengan kata-kata, ditunjukkan oleh para warga binaan baru saja menerima remisi yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan (MOR).

Foto istimewa

Menggunakan pakaian hitam putih para warga binaan tampak terpaku, menatap wajah Mor dengan mata berkaca-kaca, seakan baru saja mencurahkan isi hati mereka kemudian mengucapkan terima kasih atas hadiah di hari Proklamasi ini.

Sementara MOR didampingi Kepala Rutan Malendeng Yosep Antonius, tampak larut dalam kebahagiaan tersebut.

“Semua manusia pernah melakukan kesalahan dan mereka juga memiliki kesempatan untuk memperbaikinya. Semoga kita semua selalu diberkati oleh Tuhan,” ujar MOR.

Pemberian remisi umum bagi Narapidana (Napi) dan anak di seluruh Indonesia secara virtual dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 ini, seakan menjadi nafas baru, serta kehidupan baru bagi mereka setelah selesai menjalani masa hukuman.

“Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, melalui keterangan tertulisnya.

Dengan Tema ‘Indonesia Maju Tetap Pasti di Masa Pandemi’ para Napi ini pun menerima hak kemanusiaannya.

Seperti yang diterangkan, bahwa pemberian remisi umum pada HUT RI ke-75 ini dapat menghemat pengeluaran uang negara, dengan memangkas anggaran makan Napi hingga Rp 176 miliar.

Pengurangan masa pidana diberikan kepada Napi telah diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP Nomor 99 Tahun 2012, Keputusan Presiden Nomor 174/1999, serta Peraturan Menteri Nomor 3 tahun 2018 tentang pemberian Remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan.

Sementara dari data yang dihimpun, sebanyak 164 Narapidana yang terdiri dari 161 orang Tindak Pidana Umum (TPU) dan 3 orang Tindak Pidana Khusus (TPK), mendapatkan remisi di Rutan tersebut.

Sekadar diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Rutan Kelas II A Malendeng Yusep Antonius Amd IP SPd Msi, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Manado Ahmad Suma SH,
Kepala Pengadilan Negeri Manado Djamaludin Ismail SH MH, Sekda Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, Mewakili Kapolres Manado Kapolsek Tombulu Iptu N Potabuga, Mewakili Kejari Manado Zulhia J Manise SH Kasubsi Penyidikan Kejari Manado. (El)

Editor : Felix Tendeken