MOR Ubah Pemukiman Kumuh Jadi Indah dan Berwarna Seperti Kota Rio De Janerio Brazil

0
229

TOMINI.NEWS, MANADO-Jika melintas di Jembatan Soekarno Kota Manado, anda akan disajikan dengan sebuah pemandangan menarik. Dimana ada sebuah pemukiman yang terletak di pegunungan Kelurahan Sindulang Satu, tampak berwarna seperti bagian dari Kota Rio De Janerio Brazil, Kamis (26/8/2020).

Foto Tomini.News

Tapi tahukah anda sejarahnya sehingga daerah tersebut dijadikan penuh warna, bak pemandangan di negara bagian Amerika Selatan?

Ya, daerah tersebut dulunya kumuh dipenuhi dengan sampah, kemudian diubah wajahnya oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan (MOR), menjadi lebih indah dalam rangka pengembangan kota ekowisata.

“Memang benar, kami terinspirasi dari kota itu. Kami melihat kelurahan ini punya potensi untuk dijadikan kelurahan penuh warna,” ujar MOR.

Kata dia, diawal kepemimpinannya merasa bertanggung jawab untuk mengubah wajah Kota Manado menjadi lebih indah.

Menata kawasan kumuh menjadi daerah ekowisata dan menjadikannya sebagai satu diantara ikon menarik di kota berjulukan tinutuan.

 “Waktu itu kita yang siapkan catnya, kemudian yang mengecat adalah masyarakat yang merupakan pemilik rumah di wilayah tersebut,” ujar Calon Walikota besutan Partai Demokrat ini.

Berkat kepiawaiannya, kini daerah tersebut sudah dikenal luas, bahkan kerap dijadikan sebagai spot untuk berfoto selfi maupun groovy oleh masyarakat yang berkunjung ke Kota Manado.

Bukan cuma dibuat berwarna, untuk masuk ke kawasan pemukiman tersebut, telah dibuat jalan setapak yang dilengkapi dengan bangunan bertuliskan Welcome to Manado.

“Masing-masing kelurahan akan kita buat tipikal khusus, bahkan sampai kedalam lorong kita cat. Kita akan menggambarkan kearifan lokal. Kalau boleh ada ciri khas dari masing-masing kelurahan,” tandasnya.


Sementara itu Lukman, satu diantara warga Kelurahan Sindulang, mengaku ide cerdas tersebut telah membuat daerahnya terkenal luas.

Untuk itu jika nanti terpilih menjadi Walikota, besar harapan akan terus mengembangkan ide cerdasnya untuk memberdayakan masyarakat dan membuat setiap kelurahan punya ciri khasnya masing-masing.

“Harapan nanti ada pemberdayaan masyarakat, misalnya membuat cindera mata cikhas Kota Manado yang bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan. Nah, kami percaya semua bisa terwujud, karena Pak MOR sudah sarat akan pengalaman,” ujarnya. (El)

Editor : Felten