MOR : Mengampuni Untuk Mendamaikan dan Menang

0
118

TOMINI.NEWS-Bukanlah perkara yang mudah untuk menemukan manusia yang memiliki sifat pemaaf dan pengampun, ditengah zaman yang semakin modern dan berkembang seperti saat ini, Selasa (15/9/2020).

Foto istimewa

Sebab tidak ada satupun manusia yang bisa memilih dengan siapa dia akan bertemu, atau hanya memilih untuk bergaul dengan orang-orang baik saja.

Kadangkala, Tuhan menempatkan orang-orang yang memiliki kepribadian jahat untuk membuat kita kecewa agar dapat belajar menjadi pribadi yang mengampuni.

Sebab, jika tidak pernah terluka maka kita juga tidak akan pernah merasakan arti dari sebuah pengampunan. 

Sebagaimana yang di firmankan oleh Santo Matius dalam Bab 6 ayat 14 “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga,”.

Mampu memaafkan seseorang yang telah berbuat jahat kepada kita memang bukanlah sebuah perkara yang mudah, namun Tuhan akan selalu memberikan upah yang indah bila kita bisa mengasihi sesama dengan cara mengampuni.

Tentu, kita sangat bersyukur sebab sifat ini dimiliki oleh seorang Calon Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan (MOR), enggan membalas dengan hal yang serupa ketika dirinya mendapatkan perilaku buruk dari orang lain.

“Walikota itu Tuhan so pilih dan itu so ada, cuma torang bulum tahu siapa. Jadi ndak usah saling menjatuhkan. Marijo Torang hidop baku-baku bae,” ujar MOR kepada para pewarta.

Mor, lebih meyakini bahwa orang yang semula jahat bisa dipakai Tuhan sebagai sarana untuk memberkati kita.

Dia lebih memilih menghabiskan waktu untuk berdoa, mengabdi ditengah masyarakat, hadir secara langsung dan memberikan bantuan yang dapat meringankan beban mereka dari terpaan pandemi Covid-19.

Kalu mo balas apa bedanya torang dengan dorang. Kita diciptakan untuk menjadi berkat dan membawa berkat bagi orang lain,” ujarnya, yang berprinsip selama hati kita baik maka segala yang baik akan datang kepada kita.

Sifat seorang Mor ini kemudian membuat masyarakat yang bermukim di Kota berjulukan Tinutuan, semakin yakin bahwa Kota Manado akan lebih baik dipimpin oleh MOR-HJP yang membawa jargon “Manado DiBerkati Harapan Jadi Pasti”.

Sebab jika mengutip dari firman Tuhan dalam Kitab Suci, Yakobus Bab 2 ayat 14 yang berisi, “Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan. Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?”.

Dalam ayat tersebut ditekankan, sebab iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati. 

Sementara, yang berani mengampuni untuk mendamaikan banyak orang adalah pemenangnya, dan sifat inilah yang disukai oleh Tuhan Sang Pencipta. (lix)

Catatan Iman