Tahun Depan, Disparbud Bolsel Segera Bangun Museum Kerajaan Suku Bolango

0
56

TOMINI.NEWS, BOLSEL-Keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolsel, dalam melestarikan sejarah adat dan budaya rupanya bukan isapan jempol belaka.

Foto istimewa

Salah satunya dengan rencana pembangunan Museum Kerajaan Bolango oleh Pemda Bolsel melalui Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) pada tahun 2021 mendatang.

Kepala Disparbud Bolsel, Wahyudin Kadullah mengungkapkan, tahap awal rencana pendirian Museum Daerah tersebut, telah dimulai dengan dilakukannya pengukuran tanah untuk penerbitan peta bidang oleh tim Pertanahan Bolsel.

Foto istimewa

Hal ini menurutnya, merupakan salah satu prasyarat oleh tim apraisal dalam melakukan penghitungan nilai harga tanah atau lokasi pembangunan museum.

“Nanti jika semua sudah dilakukan penghitungan, maka kami dari Disparbud akan mengusulkan anggaran pembangunannya di pembahasan APBD tahun 2021,” Ujar Wahyudin kepada awak media beberapa waktu lalu.

Dikatakan Wahyudin, Kabupaten Bolsel merupakan bagian dari Negeri Eks Swapraja di Bolaang Mongondow Raya (BMR). Sehingga pihaknya memiliki tanggung jawab untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang kental dengan adat dan bernilai religius.

“Kami juga sudah beberapa kali melakukan diskusi dengan sejumlah tokoh masyarakat serta para pemangku adat terkait rencan ini. Alhamdulillah semua direspon dengan baik,” Ujarnya.

Wahyudin menambahkan, rencana pembangunan museum kerajaan Bolango, dapat menjadi wadah edukasi oleh generasi muda untuk mempelajari adat dan budaya lokal.

“Nantinya kami akan menyediakan berbagai fasilitas di dalam museum. Termasuk beberapa peninggalan sejarah. Sehingga generasi kedepan akan paham seperti apa budaya masyarakat suku di BMR salah satunya suku Bolango,” Pungkasnya. (Can)

Liputan Chandra Mokoagow