Dibawah Kepemimpinan GSVL-MOR, Pemkot Manado Berhasil Meraih Bhumandala

0
12

TOMINI.NEWS, MANADO-Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah kepemimpinan GS Vicky Lumentut dan Mor Dominus Bastiaan (GSVL-MOR), berhasil meraih Bhumandala Kanaka (Medali Emas) untuk kategori Kota, serta Bhumandala Kencana (Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik) untuk kategori Kota.

Foto istimewa

Demikian disampaikan Master Ceremony dalam acara menyerahan penghargaan Bhumandala Tahun 2020,  diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) , Jumat (27/11/2020) pekan lalu, bertempat Hotel Borobudur, Jln Lap. Banteng Selatan, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta.

Foto istimewa

Penghargan tersebut diterima oleh, Kepala Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Manado, DR. Liny Anna Maria Tambajong, ST, M.Si sebagai mewakili Walikota Manado, DR Ir. GS Vicky Lumentut, S.H, M.Si, DEA.

Foto istimewa

Diketahui Kota Manado telah berhasil membangun Simpul Jaringan dengan baik, aktif dan operasional. Simpul Jaringan Informasi Geospasial Kota Manado memanfaatkan data geospasial skala besar yang telah menggunakan SRGI 2013.

Foto istimewa

“ Arahan dan dukungan yang kuat dari Walikota telah mampu memotivasi dan menginspirasi perangkat daerah untuk menyelenggarakan IG dengan baik. Anggaran dan fasilitas yang tersedia dengan baik membuat Kota Manado sangat kreatif dalam membangun simpul jaringan Kota Manado yang handal “ Ujar Tambajong dalam kesempatan tersebut.

Foto istimewa

Ditambahkan, Tambajong simpul jaringan IG melibatkan banyak OPD Penyelenggaraan Bhumandala Award – Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial telah memasuki tahun keempat sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2014.

Foto istimewa

Dalam perjalanannya, proses monitoring dan evaluasi terhadap kinerja simpul jaringan selaludisinergikan dengan Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Selain itu, terbitnya Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia menjadi komitmen bahwa penyelenggaraan Informasi Geospasial harus memenuhi standar data, memiliki metadata yang baku serta memenuhi kaidah interoperabilitas data.

Sementara itu, Walikota memberikan apresiasi kepada semua OPD yang sudah bekerja dengan baik dan cerdas sehingga di tahun 2020 ini,  kembali Kota Manado meraih bhumandala dengan dua kategori.

“Terimakasih Kawan-Kawan Perangkat Daerah yang sudah kerja dan kerja untuk Rakyat Manado,” ujar Walikota. (El)

Lipsus