Lewat Sidang Paripurna, DPRD Tetapkan AA-RS Sebagai Walikota dan Wawali Manado Periode 2021-2024

0
39

TOMINI.NEWS, MANADO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menggelar sidang paripurna penetapan Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) Manado terpilih periode 2021-2024, Andrei Angouw dan Richard Sualang (AA-RS), Rabu (24/2/2021).

Foto berlangsungnya kegiatan

Rapat yang berlangsung pada pukul 10.35 WITA ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Manado, Nortje Van Bone didampingi Adrey Laikun.

Pada awal rapat, Sekretaris DPRD Zainal Abidin, mengatakan bahwa DPRD menerima surat dari KPU Manado soal surat penetapan Walikota dan Wakil Walikota dan selanjutnya digelar rapat paripurna penetapan calon terpilih.

Foto berlangsungnya kegiatan

“Makanya kami usulkan ke Banmus untuk penjadwalan. Sebab, waktu hanya lima hari sesuai ketentuan. Dan salah satu persyaratan harus ada berita acara itu,,” ujar Sekwan.

Lalu Wakil Ketua DPRD Kota Manado Nortje Heny Van Bone (NVB) menyatakan berdasarkan keputusan KPU nomor 3/2021 tentang penetapan walikota dan wakil walikota terpilih 2021, maka diumumkan pasangan Andre dan Richard sualang sebagai wali kota dan wakil Wali Kota Manado terpilih 2021-2026.

Foto AARS

“Tibalah saat ini kita semua warga masyarakat Kota Manado untuk bergandeng tangan mendukung pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih, dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan di Kota Manado yang sama-sama kita cintai,” kata NVB.

Lanjutnya, setelah pengumuman pengesahan itu, maka pasangan Andrei Angouw dan Richard Sualang, akan diusulkan menerima SK dari Mendagri, oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE.

Foto para anggota dewan

“Namun usulan pengesahan walikota dan wakil walikota terpilih hanya dilakukan  berdasarkan atas keputusan KPU selaku penyelenggara Pilkada,” katanya.

NVB menegaskan bahwa, DPRD Manado menyampaikan selamat kepada Walikota dan Wakil Wali Kota Manado yang baru.

Foto berlangsungnya kegiatan

“Mari kita wujudkan wajah Kota Manado menjadi lebih baik, penuh dengan gotong-royong, toleransi, dan rukun. Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kota Manado kami mengucapkan selamat kepada pasangan calon walikota dan wakil walikota terpilih,” paparnya.

Dikatakan NVB, pasangan AARS ditetapkan sebagai pemenang Pilkada dengan perolehan suara sebanyak 88.303 suara, yang disahkan MK dalam sidang permohonan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah.

Foto berlangsungnya kegiatan

Sementara itu Walikota Manado GS Vicky Lumentut dalam sambutan yang dibacakan Sekda Micler Lakat mengucapkan banyak selamat atas ditetapkannya Andrei Angouw dan Richard Sualang sebagai pemimpin baru Kota Manado.

“Selamat menyongsong tugas baru sebagai pemimpin Kota Manado. Kita optimis pemerintahan Kota Manado ke depan akan semakin baik dan menghasilkan karya-karya nyata dan hebat bagi kemajuan Kota Manado,”papar Lakat saat membacakan sambutan wali kota yang saat itu mengikuti paripurna secara virtual.

Foto berlangsungnya kegiatan

Lumentut mengajak seluruh peserta rapat untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa meski dalam situasi yang tidak begitu kondusif karena pandemi Covid-19, Kota Manado dapat melaksanakan setiap tahapan Pilkada tahun 2020 dengan baik.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh unsur masyarakat, penyelenggara Pemilu serta TNI, Polri yang telah saling menopang menyukseskan Pilkada tahun 2020 sehingga berjalan aman dan tertib,” tukasnya.

Foto berlangsungnya kegiatan

GSVL berharap, pembangunan serta prestasi yang sudah ada saat ini tetap dipertahankan dan tingkatkan bagi kemajuan Kota Manado.

“Pemimpin pemerintahan boleh berganti, tapi semangat baku-baku sayang, baku-baku bae, baku beking maju dan memanusiakan sesama harus senantiasa menjadi identitas kita. Sekali lagi selamat atas ditetapkannya Andrei Angouw dan Richard Sualang sebagai wali kota dan wakil wali kota Manado,” ucap GSVL.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai dan melapangkan jalan bagi setiap niat baik dan kerja keras kita untuk membangun Kota Manado menjadi lebih maju ke depan nanti,” tambahnya.

Walikota GSVL yang mengikuti paripurna itu secara daring, juga menyampaikan permohonan maaf.

“Saya menyampaikan permohonan maaf jika selama ini menyusahkan dan menyebabkan masalah dan berharap di pemerintahan baru akan sebaik. Saya mengajak seluruh masyarakat dan para anggota DPRD untuk mendukung program pemerintah yang baru kedepan untuk kesejahteraan warga Manado,” paparnya.

Usai rapat paripurna yang berlangsung lancar ini, Walikota Manado terpilih Andrei Angouw yang didampingi Wakil Walikota terpilih Richard Sualang, mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kota Manado, yang telah menggelar rapat paripurna ini.

“Kegiatan ini bagian dari proses Pilkada, berdasarkan hasil perhitungan dari KPU Kota Manado. Karena itu kami menyampaikan terima kasih kepada DPRD Manado,” papar Andrei Angouw seraya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kota Manado
Kegiatan dalam rangka menindaklanjuti keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado ini juga dilaksanakan secara daring, mengingat di tengah pandemi Covid-19 sehingga tidak semua wakil rakyat berada dalam ruang paripurna dan mengikuti jalannya rapat lewat daring.

Turut hadir, KPU Manado, Bawaslu Manado, jajaran Forkopimda dan tamu undangan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. (Stey)

Lipsus