Walikota Manado Serahkan LKPD dan IHPD Tahun Anggaran 2020

0
9

TOMINI.NEWS, MANADO-Walikota Manado Dr Ir Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL) didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Manado Noortje Henny Van Bone, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Daerah (IHPD) Tahun Anggaran 2020 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Foto istimewa Walikota Manado dan Kepala BPK RI Perwakilan Sulut

Pada kesempatan tersebut, LKPD diterima oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Karyadi, tepatnya di Kantor BPK Sulut, Senin (8/3/2021).

Foto istimewa penandatanganan LKPD

Seperti yang diketahui, penyampaian LKPD Unaudited sendiri merupakan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 56 ayat 3 yang menyatakan gubernur/bupati/wali kota menyampaikan laporan keuangannya kepada BPK RI paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Foto istimewa Sekdakot Micler CS Lakat saat mendampingi Walikota Manado

Tampak pada kesempatan tersebut turut mendampingi adalah Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Manado Micler CS Lakat SH MH, Inspektur Kota Manado Atto Bulo serta Kepala BKAD Jhonly Tamaka.

Foto kegiatan yang turut dihadiri oleh Gubernur Olly Dondokambey

“Salah satu peran dan tujuan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) adalah menyajikan informasi keuangan daerah yang bermanfaat bagi manajer publik daerah (Kepala Daerah dan DPRD) dalam rangka kebijakan-kebijakan pemerintah daerah,” ujar Lakat.

Foto kegiatan yang turut disaksikan oleh Gubernur Sulut

Seperti yang diketahui, salah satu peran LKPD adalah peran manajerial yang memberikan informasi keuangan bagi manajemen untuk pelaksanaan serta memudahkan fungsi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian seluruh aset, kewajiban, dan ekuitas dana serta pengambilan keputusan pemerintah.

Kemudian untuk memenuhi kebutuhan informasi keuangan bagi manajemen tersebut, LKPD disusun dalam bentuk dan format yang memudahkan untuk memberikan gambaran posisi keuangan, kewajiban dan ekuitas pemerintah daerah. 

Komponen LKPD tersebut meliputi Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Arus Kas (LAK), dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

Sekadar diketahui, selain yang disebutkan namanya diatas tampak hadir dalam acara tahunan tersebut adalah Gubernur Olly Dondokambey SE beserta jajarannya dan bupati/Walikota se-Sulut. (El)

Lipsus

Editor : Felix Tendeken