Bersama IAKN, Dispar Manado Gelar Psikotes Kepada Pelaku Ekonomi Kreatif

0
11

TOMINI.NEWS, MANADO-Bersama Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado, Program Studi (Prodi) Psikologi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado melaksanakan psikotes kepada puluhan pelaku ekonomi kreatif dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Ekonomi Kreatif Kota Manado di Hotel Grand Puri Manado, Rabu (17/3/2021).

Foto istimewa

Kegiatan diawali dengan pengenalan tentang tes kepribadian kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif oleh Dosen Prodi Psikologi Melissa Waturandang selaku Direktur Layanan Psikologi IAKN Manado. 

Melissa, sapaan akrabnya menjelaskan, psikotes yang dilakukan adalah tes proyektif, dimana kepribadian dari seseorang bisa terlihat dari gambar yang dihasilkan. 

“Psikotest ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif dari berbagai bidang, untuk dapat lebih mengenal diri mereka dan mengembangkan potensi yang dimiliki secara maksimal,” terang Melissa.

Selanjutnya digelar sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang dipimpin Plt Ketua Program Studi Psikologi Kristen IAKN, Shanti Ruata. 

“IAKN Manado menerima mahasiswa baru tahun 2021 dengan berbagai macam beasiswa. Salah satunya beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan beasiswa peningkatan prestasi akademik serta bebas biaya pembangunan,” beber Shanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lenda Pelealu melalui Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata Jein Barantian mengungkapkan, para pelaku ekonomi kreatif begitu antusias dengan kegiatan psikotest. 

“Diharapkan, kegiatan ini bisa berlanjut dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pariwisata, khususnya dalam pengembangan sektor usaha ekonomi kreatif,” tandas Barantian. (El)