Dispar Kota Manado Gelar Rakor Pengembangan Kompetensi SDM Ekonomi Kreatif

0
39

TOMINI.NEWS, MANADO-Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Ekonomi Kreatif Kota Manado.

Foto berlangsungnya Rakor

Rakor yang digelar di Hotel Grand Puri Manado pada hari Rabu (17/3/2021) dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Dra Neivy Lenda Pelealu MSi.

Kata dia, Rakor ini adalah satu diantara upaya dan inisiatif Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui instansi teknis yaitu Dinas Pariwisata Manado dalam rangka mengembangkan sumberdaya manusia yang bergerak di sektor ekonomi kreatif.

“Perkembangan Ekonomi Kreatif di Kota Manado sudah melewati serangkaian proses yang terorganisir, diantaranya Rapat Kordinasi Antar Dinas Terkait, Rapat Kordinasi Alternatif Kota Manado sebagai Creative Hub pada DPSP Likupang, Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD), sampai dengan pengambilan data kuisioner dengan melibatkan unsur-unsur Penta Helix dalam bekerja sama dengan Tim Ahli Ekonomi Kreatif Kota Manado yang merujuk pada Peta Jalan dan Rencana Aksi Ekonomi Kreatif di Kota Manado,” ujar mantan Kadispora Manado ini.

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata Dispar Kota Manado Jein Barantian SE MSi mengatakan, pelaksanaan Rapat Koordinasi Fasilitasi Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Ekonomi Kreatif Kota Manado  bersama pelaku- pelaku Industri Kreatif di Kota Manado sangat esensial untuk meningkatkan image atau citra Kota Manado kedepannya dan dalam rangka untuk memajukan potensi daerah melalui pengembangan pariwisata sebagai prioritas pembangunan dan kreativitas daerah di Sulawesi Utara. 

“Kegiatan ini adalah implementasi program dan kegiatan Dinas Pariwisata Kota Manado Tahun Anggaran 2021, guna memperkuat integrasi program dan kegiatan Pemerintah Kota Manado secara keseluruhan dalam pencapaian Visi dan Misi Kota Manado,” tutur Barantian.

Ditambahkannya, Dispar Kota Manado terus membangun hubungan dan koordinasi yang baik bersama dengan Pelaku Usaha dan Industri Kreatif di Kota Manado khususnya dalam rangka mewujudkan Kota Manado dan Sulawesi Utara sebagai salah satu destinasi Tujuan Super Prioritas, sekaligus evaluasi pengembangan dan pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kota Manado. 

“Terciptanya Koordinasi antar pemerintah Kota Manado khususnya Dinas Pariwisata dengan instansi/stakeholder dan lintas sektoral lainnya dalam rangka mewujudkan ekosistem ekonomi kreatif  yang aman, produktif dan kondusif di Kota Manado,” ujarnya.

Kemudian meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia, yang bergerak dalam ekosistem ekonomi kreatif di kota Manado sehingga akan diperoleh masukan dan dampak yang sifatnya multiplier effect dalam pembangunan Kota Manado khususnya Bidang Pengembangan Industri Pariwisata.

“Sehingga semakin memperkuat implementasi/ terwujudnya Visi Manado Kota Cerdas 2021 dimana pada gilirannya akan bermuara pada semakin meningkatnya image/citra Kota Manado sebagai kota cendekia, ekowisata, religius, daya saing, aman nyaman dan sehat sejahtera,” tukas Barantian. (El)