Cahaya Lilin Terangi Misa Vigili Paskah di Gereja Katolik Stasi Bunda Hati Kudus Pandu

0
58

TOMINI.NEWS, MANADO-Perayaan Misa Vigili Paskah di Gereja Katolik Stasi Bunda Hati Kudus Pandu, Sabtu (3/4/2021), yang dipimpin oleh Pastor Yohanis Salaki MSC, berlangsung khusyuk dan penuh khidmat.

Foto berlangsungnya upacara cahaya di depan gereja

Perayaan Ekaristi di malam Sabtu Suci ini diawali dengan pemberkatan lilin putih  besar, tepatnya di depan halaman gereja dalam rangkaian upacara cahaya.

Sementara itu seluruh umat yang hadir pada perayaan sakral dan kudus ini turut serta menyalakan lilin kecil sebagai tanda Kristus yang bangkit dari kematian.

Foto berlangsungnya Misa

Pada kesempatan yang sama Pastor tampak mengarak lilin yang telah diberkati tersebut masuk kedalam gereja  kemudian meletakkannya di samping altar.

Lagu pujian serta bunyi lonceng kemudian diperdengarkan menambah khusyuk upacara liturgi pada hari ketiga trihari suci yang diyakini oleh seluruh umat Katolik di dunia.

Pastor dalam khotbahnya sesuai dengan Injil Markus, menyampaikan tentang keberanian Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus yang datang ke kubur Yesus untuk melihat Yesus.

Pada kesempatan tersebut mereka berjumpa dengan seorang malaikat dalam rupa seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan.

“Kekhawatiran dan ketakutan para wanita tersebut dihapus oleh malaikat dengan meyakinkan mereka bahwa Yesus telah bangkit,” ujar Pastor.

Melalui bacaan dan khotbah malam ini umat diajak untuk tampil seperti para wanita ini, dengan penuh iman dan kepercayaan mereka ingin bertemu dengan Yesus.

Mereka mendengarkan pesan malaikat dimana Yesus telah bangkit dan mendahului mereka berangkat ke Galilea sebagaimana yang diwartakan oleh Injil Matius.

“Di sana Yesus menampakkan diri dan mengutus mereka,” ujar Pastor.

Ditempat yang sama, Pastor Yohanis Salaki kemudian memberkati air yang dibawa oleh umat dari rumah serta memercikkan air suci kepada seluruh umat baik yang ada di dalam gereja maupun yang duduk di bawah tenda di samping gereja.

Misa dilanjutkan dengan pembagian komuni dan ditutup dengan lagu  jadilah saksi Kristus.

Sekadar diketahui, Misa Sabtu Suci ini dijaga ketat oleh Legiun Christum (LC) Resimen Komunikasi (RESKOM) Garuda Siaga Sulut. (lix)

Penulis dan Editor : Felix Tendeken