Pemkot Manado Dukung Rencana Gubernur Buka Kembali Sektor Pariwisata

0
33

TOMINI.NEWS, MANADO-Menarik disampaikan oleh Walikota Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL) dalam pertemuan bersama para pejabat eselon di ruang serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (5/4/2021).

Foto Walikota Manado GSVL

Pada kesempatan tersebut GSVL mengatakan sesuai instruksi dan kebijakan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, sektor pariwisata di provinsi berjulukan bumi nyiur melambai akan kembali dibuka termasuk di Kota Manado.

Kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado sebagai Ibu Kota di Provinsi Sulut siap mendukung dan mensukseskan rencana tersebut.

“Kami sudah siap membuka pariwisata untuk dikunjungi sesuai dengan kebijakan Pak Gubernur bahwa sektor perekonomian harus kita dorong bukan hanya kesehatan,” ujarnya.

Top eksekutif di kota yang terkenal akan toleransinya mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan menjadikan Kota Manado sebagai daerah tujuan wisata dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Ditempat yang sama Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata (Dispar) Kota Manado Drs Neivy Lenda Pelealu MSi, mengatakan sangat mendukung rencana tersebut dengan tetap menerapkan protokol CHSE.

Adapun CHSE yang telah ditetapkan di seluruh lokasi wisata di dunia berbasis pada Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan) dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) yang bertujuan memberikan kenyamanan bagi para turis.

“Saat ini para turis menginginkan tempat yang benar-benar menjalankan protokol covid sehingga ia merasa nyaman,” ujar Lenda.

Sementara itu menurut Camat Bunaken Kepulauan, Kristian Salindeho, dari hasil amatan serta laporan masyarakat destinasi wisata di Pulau Bunaken masih sepi dari kunjungan turis asing.

“Untuk tamu atau turis yang berkunjung ke pulau Bunaken saat ini paling banyak adalah turis lokal sementara untuk turis asing masih kurang,” Kata Camat.

Tambahnya, sosialisasi penerapan protokol covid  selalu di himbau bagi masyarakat maupun para pengunjung agar tetap disiplin menjaga protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah. (El)

Editor : Felix Tendeken