Camat Mapanget : Jangan Jadikan Perbatasan Kota Manado Sebagai Tempat Pembuangan Sampah

0
83

TOMINI.NEWS, MANADO-Jangan jadikan perbatasan Kota Manado dengan kabupaten tetangga sebagai tempat pembuangan sampah, apalagi membuang sampah tidak pada tempatnya.

Foto Camat Mapanget Robert Dauhan

Itulah sebagian kalimat yang diucapkan oleh Camat Mapanget, Robert Dauhan, saat diwawancarai usai mengikuti sosialisasi tapal batas dan pemasangan pilar batas, Rabu (7/4/2021) di kantornya.

Kata dia, pada dasarnya dimana pun masyarakat membuang sampah tetap akan diangkut dan dibersihkan oleh para petugas.

“Meski begitu jangan sampai membuat pemandangan kota jadi tidak indah karena tumpukan sampah plastik maupun material bangunan,” imbaunya.

Seperti di wilayah Bandara Sam Ratulangi Manado, pihaknya kerap menemukan tumpukan sampah, padahal daerah tersebut tidak diperbolehkan ada gundukan sampah.

“Kami minta pihak Angkasa Pura bantu mengangkat, kita juga minta back up dari AURI agar menangkap para pelaku pembuang sampah sembarangan dan memberikan mereka pembinaan,” jelasnya.

Kata dia, pihaknya pernah menangkap basah pelaku yang membuang sampah sembarangan menggunakan mobil bak terbuka di wilayah perbatasan Kelurahan Pandu dan Perumahan TAMARA.

“Kita langsung cabut kunci mobilnya, kemudian diberikan pembinaan dan diperintahkan agar semua sampah yang telah dibuang diangkut kembali dan di bawa ke TPA Sumompo,” jelasnya lagi.

Camat kemudian meminta jika ada masyarakat mendapati hal yang sama maka jangan takut untuk memotret dan memviralkan pelaku di media sosial agar ada efek jera.

“Silahkan foto dan posting di Facebook beserta pelat nomornya. Jika itu sampah yang berbahaya seperti limbah B3 silahkan laporkan kepada petugas keamanan,” imbaunya.

Disisi lain, Camat berharap agar Peraturan Walikota (Perwako) tentang pemberian denda bagi para pelanggar yang membuang sampah sembarangan diberlakukan.

Apalagi menurut Dauhan sapaan akrabnya, meski sering diberikan pembinaan namun hal serupa selalu terjadi seakan tidak ada kapoknya.

“Seperti dulu ada sidang dan pemberian sanksi dari instansi berwenang,” ujarnya.

Tambahnya, kedisiplinan masyarakat tetang kebersihan harus lebih ditingkatkan lagi sehingga Kota Manado bisa meraih Piala Adipura. (El)

Editor : Felix Tendeken