Untuk Mensukseskan Program KB, Kepala DPPKB Kota Manado MoU dengan RS Bhayangkara

0
32

TOMINI.NEWS, MANADO-Belum lama ini Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Manado, Ir Meisje Heidy Naomi Wollah MSi, menandatangani naskah Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Manado.

Kepala DPPKB Ir Meisje Heidy Naomi Wollah MSi saat menandatangani naskah MoU dengan RS Bhayangkara

Kata Wollah sapaan akrabnya, penandatanganan naskah kerjasama dengan rumah sakit milik kepolisian tersebut di Hotel Mercure, bertujuan untuk memaksimalkan dan mensukseskan program KB.

“MoU dengan Rumah Sakit Bhayangkara khusus untuk pelayanan KB dengan metode operasi seperti tubektomi untuk wanita dan vasektomi untuk pria,” jelas Wollah.

Berlangsungnya kegiatan

Kerjasama tersebut dilakukan mengingat akseptor (orang yang akan ikut KB) akan melalui proses operasi ringan dan akan menggunakan alat kontrasepsi tersebut secara jangka panjang.

“Karena harus melalui rangkaian operasi ringan maka sangat diperlukan penanganan secara medis di rumah sakit tersebut,” terangnya.

Dijelaskan, sebelumnya melalui rangkai operasi tersebut pasien harus diperiksa dan dipastikan sehat rohani dan jasmani.

Disisi lain Wollah menjelaskan keunggulan tubektomi diantaranya tidak akan memengaruhi produksi hormon sehingga tidak akan terjadi perubahan pada gairah seks atau pun menstruasi. 

“Hanya perlu satu kali menjalani tubektomi. Memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mencegah kehamilan,” jelasnya.

Kemudian vasektomi lebih dari 99 persen efektif untuk mencegah kehamilan. 

“Efek jangka panjang bagi kesehatan jarang terjadi. Tidak memengaruhi kadar hormon, gairah seks atau mengganggu aktivitas seks,” tandasnya. (El)

Editor : Felix Tendeken