Buka Kegiatan PPRG, Micler Lakat Ingatkan Perhatikan Keadilan Gender

0
15

TOMINI.NEWS, MANADO-Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Micler CS Lakat, hari ini Selasa (27/4/2021), membuka dan menjadi pembicara dalam acara Pelatihan Perencanaan Penganggaran Rerponsive Gender (PPRG) di Gravilla Cotage Malalayang.

Foto istimewa Sekda Micler CS Lakat saat membuka kegiatan

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan oleh Walikota dan Wakil Walikota Manado yaitu Manado Kota Cerdas 2021 (The Smart City of Manado In 2021), yang mana implementasinya di masing masing OPD itu diperlukan SDM yang terlatih dalam penganggaran yang responsive gender.

“Kita ketahui bersama bahwa di Kota Manado masih ada kekerasan pada perempuan dan anak, demikian juga dalam pembangunan masih ada kesenjangan,”ujar Micler yang begitu dekat dengan semua kalangan.

Dengan adanya pelatihan ini lanjut Lakat, diberikan pelatihan PPRG , bagi para perangkat daerah dalam merancang perencanaan anggaran dapat merancang dan menganalisa anggaran yang responsive gender.

“Caranya dengan memanfaatkan anggaran yang sudah ada, hal itu dimaksudkan supaya anggaran yang ada bisa dialokasikan untuk kegiatan yang responsif gender,”kata Lakat.

Menurut Sekda Pemerintah telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sebagaimana amanat instruksi Presiden No 9 tahun 2000, bahwa pengarusutamaan gender merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. 

“Salah satu syarat untuk mencapai pembangunan yang memperhatikan keadilan gender adalah adanya analisis gender terhadap masing masing program pembangunan. Analisa ini hanya dapat dilaksanakan apabila para perancang program dan para pengambil keputusan memahami tentang keadilan gender dan penerapannya,”jelas Lakat.

Menurut Lakat pelatihan ini untuk memberi pemahaman tentang pentingnya pengarusutamaan gender dalam program pembangunan serta melatih menyusun PPRG dalam program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan melalui gender analisis pathway, gender budget statement dan term of return.

“Saya berharap para peserta dapat mengaplikasikan dan menganalisis anggaran yang responsive gender secara berkesinambungan dan dapat mengimplementasikan pada pembangunan guna mewujudkan keadilan di Kota Manado,”kunci Micler.

Turut hadir Kepala Dinas DP3A Esther Tryfosa Juliana Mamangkey, SE MM, para narasumber dan para peserta. (El)

Editor : Felix Tendeken