Didampingi Micler Lakat, Wawali MOR Ikut Pengarahan Presiden RI Kepada Kepala Daerah Secara Virtual

0
57

TOMINI.NEWS, MANADO-Bertempat di Pendopo Kantor Walikota Manado, hari ini Rabu (28/4/2021), Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan (MOR) didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Micler CS Lakat, mengikuti “Pengarahan Presiden Republik Indonesia (RI) Kepada Kepala Daerah se-Indonesia Tahun 2021” yang digelar secara virtual.

Foto berlangsungnya kegiatan

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan dua arahan penting yaitu pertama terkait dengan penanganan Covid-19.

“Jadi mencermati perkembangan terakhir ini bisa berkaca pada  peristiwa yang terjadi di India, yakni berkaitan dengan Covid-19 dan ekonomi,” ujar Presiden yang dikutip dari Sekda Micler CS Lakat.

Foto berlangsungnya kegiatan

Kata dia, kenapa Covid-19, karena kita tahu perkembangan Covid-19 yang terjadi di India.

“Di India di bulan November menuju ke Oktober November dan Januari berhasil melandaikan curvanya dan kuncinya adalah mikro lockdown. Sehingga kita adopsi di tempat kita menjadi PPKM skala mikro, saat itu di India berhasil menurunkan 10.000 kasus perhari,” jelas Lakat.

Foto Presiden Joko Widodo

Kata dia, pihaknya harus berhati hati terkait dengan libur panjang dan juga dalam rangka hari raya Idul Fitri khususnya berkaitan dengan mudik lebaran. 

Untuk itu pihaknya meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, jangan sekali kali melanggar protokol kesehatan. 

“Tetap memperhatikan protokol kesehatan, jangan berkerumunan, tetap jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan lainnya,”kata Lakat. 

Kemudian kata Lakat, Presiden meminta  kepada pemerintah dan Forkopimda daerah selalu mengecek, mengendalikan dan mengawasi Vaksinasi.

Sampai pada tanggal 27 April Presiden mengatakan bahwa di Indonesia ini  vaksin sudah diberikan kepada 29 juta dan target sampai dengan juli 2021 70 juta orang. 

“Tentunya juga pemerintah Daerah sama sama membantu mengawasi. Vaksin ini gratis,” ujar Sekda. 

Selanjutnya Presiden menyampaikan berkaitan dengan ekonomi dan melihat kondisi yang sekarang yang kita kerjakan dapat menekan lajunya penyebaran harian kasus Covid-19.

“Bulan Maret dan April ini sudah kelihatan ekonomi sudah hampir menuju pada kondisi normal, sehingga target kita secara nasional di Tahun 2021 ini target pertumbuhan ekonomi kita 4,5 sampai dengan 5,5 persen itu bisa kita capai dan itu dimulai sangat tergantung sekali pada pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua Tahun 2021,” terang Lakat. 

Menurut Lakat khususnya untuk di Manado terkait dengan pemulihan ekonomi kebijakan Pemerintah Kota dan Forkopimda telah membuka UMK juga kegiatan pusat pusat perbelanjaan dari pagi hingga jam 10 malam, juga tempat permainan anak anak segera di buka. 

“Pemerintah dan Forkopimda juga sudah mengambil langkah untuk mengangkat kembali sentra sentra pelaku usaha umk nah perekonomian rakyat ada ditangan mereka dan tentunya investasi dalam pemulihan ekonomi Pak Presiden minta supaya terkait dengan perizinan jangan di persulit dan jangan lambat,” ucap Lakat. 

Selain Wawali dan Sekkot turut hadir Kajari, Dandim, Danpomal, Kapolres dan para Asisten. (El)

Editor : Felix Tendeken