AA-RS Terjunkan Alat Berat Keruk Dasar Sungai Tikala

0
30

TOMINI.NEWS, MANADO-Usai mengikuti rapat virtual bersama Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), hari ini Rabu (21/7/2021), Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr Richard Sualang (AA-RS), turun lapangan (Turlap) memantau kondisi anak sungai dan parit di Tikala.

AA-RS tidak sendirian didampingi oleh Sekretaris Kota (Sekot) Micler CS Lakat SH MH dan Kepala Dinas (Kadis) PUPR John Suwu.

Top eksekutif di kota berjulukan tinutuan melihat secara langsung proses pembersihan dan pengerukan serta pelebaran anak sungai.

Pengerukan tersebut dilakukan mengingat di wilayah ini sering terjadi banjir dimana air dari sungai dan parit kerap meluap meluber dan menggenangi jalan dari SPBU sampai ke lapangan Tikala.

Kunjungan hari ini adalah lanjutan dari kunjungan AA-RS sebelumnya yang memantau tempat-tempat yang rawan terjadinya banjir.

“Hujan berjam-jam membuat beberapa jalan sekitar ini terjadi genangan air bahkan berimbas pada jalan-jalan sepanjang anak sungai ini aliri,” jelas Wali Kota.

Setelah dilihat berkali-kali dianalisa mengapa air meluap ke jalan, sumbernya dari mana dan faktor-faktor penyebab lainnya.

Dari hasil kunjungan lapangan ini sangat jelas bahwa sebagian besar saluran air terutama parit dan drainase tidak mampu lagi menampung debit air yang cukup besar.

Selain parit dan anak sungai mengecil, juga disebabkan drainase dan parit-parit dipenuhi banyak sampah. 

Keadaan inilah yang membuat air didalam parit dan drainase yang tersumbat bukan lagi melalui drainase dan parit tersebut tetapi keluar ke jalan di lorong-lorong dan menggenangi beberapa ruas jalan protokol.

“Semua hasil di lapangan ini tentunya menjadi bagian kajian dan analisa dalam rangka pembuatan program penanggulangan banjir ke depan,” tandasnya. (Felten)